Kembangkan sektor pariwisata, Apkasi dan Kemenpar bekerjasama

Ditulis 11 Jul 2019 | 08:11:21
Kembangkan sektor pariwisata, Apkasi dan Kemenpar bekerjasama
Wisman

Jakarta (IndiTOURIST) - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) akan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam rangka mengembangkan beragam sektor pariwisata mulai dari pariwisata lintas batas negara (crossborder tourism) sampai dengan homestay.

“Apkasi mendukung program-program Kemenpar sehingga ke depan kebijakan pariwisata nasional bisa semakin punya instrumen pelaksanaan yang efektif dan saling dukung di daerah di mana Apkasi beranggotakan lebih dari 400 kabupaten,” ujar Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resminya.

Anas memaparkan bahwa sejumlah hal yang dikolaborasikan antara lain crossborder tourism, desa wisata, dan homestay.

“Untuk crossborder tourism, saya sudah sampaikan kepada bapak Menteri, pilot project kerja sama ini akan dibuat di beberapa kabupaten, salah satunya Kabupaten Belu, NTT. Wisata lintas batas negara ini bisa ikut mengungkit perekonomian kabupaten tersebut, yang wilayah perbatasannya telah dibangun oleh pemerintah pusat dengan ikon-ikon yang menarik,” katanya.

Terkait pengembangan homestay, Anas menambahkan bahwa fokusnya adalah mengangkat kearifan arsitektur khas lokal untuk diimplementasikan dalam homestay-homestay dengan pendampingan Kemenpar.

Menurut dia, pengembangan kolaborasi pariwisata ini sekaligus bagian dari strategi mendorong kemajuan seni-budaya daerah, karena semakin kuat konten kearifan lokalnya maka semakin kuat pula daya tariknya untuk pengunjung.

“Di Kemenpar sudah ada ribuan kamar penduduk di desa-desa yang diaktivasi menjadi homestay. Juga ada arsitektur khas lokal yang diusung sehingga jadi daya tarik. Nah itu akan dikerjasamakan Apkasi agar merata ke semakin banyak kabupaten di Tanah Air,” ujarnya saat penutupan Apkasi  Otonomi Expo 2019 di Jakarta, Jumat (5/7).

Selain Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas, acara penutupan itu juga dihadiri oleh Ustaz Yusuf Mansur, CEO Bukalapak Achmad Zaky, dan jajaran pejabat Kementerian
Pariwisata. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
menpar arief yahya, menteri pariwisata, arief yahya, kunjungan wisman, target wisman, TIK dan pariwisata
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved