Kerajinan Rakyat di Magetan, jawa Timue

Kerajinan Kulit Magetan, Berkualitas Dunia

Ditulis 12 Jan 2015 | 16:22:24
Kerajinan Kulit Magetan, Berkualitas Dunia
Beberapa Produk Hasil Kerajinan Penduduk Magetan
Sejarah

Berawal dari sejarah jaman dahulu, Kota Magetan sudah dikenal sebagai kota pengrajin kulit mulai dari proses bahan mentah hingga menjadi barang jadi. Saat itu hasil kerajinan kulit hanya bisa dinikmati oleh masyarakat wilayah magetan dan sekitarnya. Pengolahan kulit di sini sudah mulai dirintis sejak tahun 1960.

Produk Andalan

Di Magetan terdapat sentra kerajinan kulit yang memproduksi berbagai jenis produk kerajinan di antaranya Sepatu Kulit, Dompet Kulit, Tas Kulit, Sandal Kulit, Jaket Kulit, dan lain sebagainya.

Namun, yang paling populer adalah Sepatu Kulit Asli Magetan. Sepatu Kulit Magetan sudah terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik karena awet dan tahan lama. Yang membuat produk Sepatu Kulit Asli Magetan berkualitas baik adalah dari proses produksinya yang dilakukan secara Hand Made oleh para pengrajin.

Kalau beberapa tahun yang lalu, model sepatu kulit Magetan masih terbatas pada model-model sepatu formal, seperti sepatu pantofel dan sepatu kerja. Namun untuk mengikuti permintaan pasar, saat ini pengrajin kulit Magetan sudah belajar dan membuat model yang mengikuti perkembangan jaman.

Lokasi dan Akses

Sentra Industri Kerajinan Kulit Magetan berada di jalur perjalanan menuju obyek wisata Telaga Sarangan, tepatnya di Jalan Sawo, Kelurahan Selosari, kurang lebih 1 Km arah barat dari alun-alun Kabupaten Magetan. Sepanjang memasuki Jalan Sawo anda akan menemukan deretan toko kerajinan kulit.

Harga

Soal harga, kerajinan kulit di Magetan sangat terjangkau. Mulai dari yang harga Rp 25 ribu hingga Rp 750 ribu untuk produk seperti jaket kulit.

Dukungan Pihak Ketiga

Dukungan pemerintah daerah sudah cukup baik, seperti merintis usaha pengolahan kulit menjadi barang-barang kerajinan kulit dengan mendirikan LIK (Lingkungan Industri Kulit). LIK mengolah kulit sapi menjadi bahan-bahan kulit setengah jadi yang selanjutnya akan didistribusikan ke para perajin kulit di Kabupaten Magetan. Dengan kebutuhan kulit yang semakin meningkat, LIK juga telah memasok kebutuhan kulit keluar Kabupaten Magetan.

Pemerintah Kabupaten Magetan memilih Jalan Sawo sebagai sentra kerajinan kulit bukan tanpa alasan. Posisi Jalan Sawo yang berada di perlintasan jalur utama menuju dan kembali dari obyek wisata Telaga Sarangan menjadi pendukung utama bagi pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Magetan. Diharapkan para wisatawan sebelum atau sesudah mengunjungi Telaga Sarangan dapat singgah ke Jalan Sawo untuk melihat berbagai macam produk Kerajinan Kulit Magetan.

Tampilan dalam Foto :

http://www.indowisata.co/photo/kerajinan-kulit-magetan-berkualitas-dunia.html

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Ini Tips berburu tiket murah di Travel fair
15 Apr 2018 | 08:29:22
Meski ada banyak pameran wisata yang diselenggarakan, namun masih banyak traveler yang gagal untuk mendapatkan tiket murah di helatan itu.
Mau naik kapal pesiar, Ini tipsnya 10 Mar 2018 | 08:03:22
Back to top
Must Read
menpar arief yahya, menteri pariwisata, arief yahya, kunjungan wisman, target wisman, TIK dan pariwisata
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved