Wisata Bangka Belitung

Kuliner Bangka, Dari Pempek Hingga Martabak

Ditulis 01 Feb 2015 | 01:44:12
Kuliner Bangka, Dari Pempek Hingga Martabak
Martabak Keju (Foto-foto : Dok)

Makanan khas Bangka mulai dari Pempek lokal dengan citarasa berbeda dari yang Palembang tawarkan, sampai Lempah kuning nan menggoda indera pengecap.

 

Mie Bangka, Martabak Bangka, kedua nama tersebut sudah terpatri sebagai makanan lezat yang berasal dari Bangka. Namun, Provinsi Bangka Belitung menawarkan lebih dari kedua makanan tersebut. Mulai dari Pempek lokal dengan citarasa berbeda dari yang Palembang tawarkan, sampai Lempah kuning nan menggoda indera pengecap.

Sesuap masakan Bangka Belitung dapat bercerita banyak hal tentang kehidupan dan sejarah pulau ini.

Pempek Bangka

Jika Anda sudah menjejakan kaki di Pulau Bangka jangan lupa mencicipi Pempek dan otak-otaknya yang memakai ikan tenggiri. Kalau di Palembang, biasanya makan makanan ini memakai cuka, tapi kalau di Bangka memakai saus. Ada tiga jenis saus yang disediakan yaitu saus sambal biasa, saus sambal asam, dan saus sambal terasi dengan jeruk.

Salah satu toko favorit penjual empek-empek dan otak-otak yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar kota adalah Toko AMUI yang terletak di jalan Melintas No 23, Pangkalpinang.

Otak-Otak Bangka

Otak-otak bagka terbuat dari ikan tenggiri dan tepung, yang disajikan dengan saos tauco maupun saus kacang. Otak-otak Kon Kim Jl. Jend. Sudirman No. 54, Gg. Aster, Pangkalpinang adalah pilihan utama Anda.

Mie Bangka

Mie Bangka atau lebih dikenal sebagai Mien di pulau asalnya sangat populer sehingga tersebar di banyak kota Indonesia. Mie ini biasanya dengan cacaham ayam kecap atau babi lalu disajikan dengan bakso, babat, dan pangsit goreng.

Di dekat Pasar Ramayana, Pangkalpinang terdapat kedai Mie Bangka yang terkenal, datanglah kesana jika ingin mencicipi Mie ini di daerah asalnya.

Mie Koba

Mie Koba yang berkuah warna coklat ini menggunakan kaldu tenggiri yang cukup kental sehingga rasa lautnya cukup kuat. Mie Koba berciri khas tambahan telur di dalamnya. Telur yang telah direbus matang, dikuliti hingga bersih dan dijadikan side dish Mie Koba. Jadi, bukan telur dadar atau mata sapi yang biasa disiapkan di rumah makan, melainkan telur rebus bercampur kuah tenggiri yang gurih.  Mie Koba Pangkalpinang berada di Jalan Balai No. 83.

Lempah

Lempah merupakan masakan berkuah berbahan dasar makanan laut atau daging sapi yang dibumbui rempah-rempah. Dalam bahasa Belitung lempah disebut gangan. Bahan pembuatan makanan ini terdiri dari pucuk idat, talas (di Bangka disebut keladi), belacan (terasi), bawang merah, dan cabe rawit (cabe kecit).

Lempah sendiri terbagi terdiri dari berbagai jenis; Lempah Darat memadukan sayuran dengan kacang-kacangan seperti kacang kedelai. Lempah Kulat berbahan dasar Jamur. Lempah Kuningberbahan dasar nanas yang di iris-iris dan disajikan dengan kuah kuning kunyit. 

Greeng Lesehan di Jl. Ahmad Yani 97 Pangkal Pinang bisa menjadi rekomendasi Anda dalam mencari masakan khas Bangka.

Martabak Bangka

Pastinya Anda pernah paling tidak mendengar nama Martabak Bangka atau kue terang bulan. Martabak ini memiliki cita rasa yang khas sedikit lebih kenyal dan empuk. Salah satu tempat Martabak Bangka yang cukup terkenal, adalah Martabak Acau 89.Jl. Mayor Syafrie Rahman di Pangkal Pinang Deretan Bank BRI.

Lakse

Lakse mirip mie bakso dengan tekstur kenyal dan dibentuk seperti mie berwarna putih ditambahi kuah santan yang gurih. Bahan utamanya merupakan tepung beras dengan kekenyalannya, dan rasa kuah yang gurih membuat makanan ini juga bisa ditambahi abon udang, kerupuk, sosis dan teman makan lainnya.

Makanan Ringan

Makanan ringan dari Bangka sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi kerabat dirumah. Kemplang atau Getas adalah keripik ikan tradisional yang terbuat dari ikan dan tepung tapioka. Kericu adalah Snack ringan hasil olahan telur cumi yang digoreng dengan cita rasa yang gurih. Siput gunggung  terbuat dari siput laut dengan bumbu yang khas, kudapan ini sangat populer diantara wisatawan.

 

 

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Wisata Cirebon, Upacara Panjang Jimat, Kuliner Cirebon
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved