Wisata Palu

Kuliner Palu, Bukan Sekedar Makanan Khas Daerah

Ditulis 08 Feb 2015 | 09:12:13
Kuliner Palu, Bukan Sekedar Makanan Khas Daerah
Ayam Bambu (foto-foto : dok)

Palu juga memiliki banyak makanan khas yang sayang terlewatkan.  Anda bisa berwisata kuliner di Palu dan memilih berbagai makanan khas yang Anda suka.

Kaledo

Kota Palu selalu dekat dengan Kaledo, sup tulang kaki sapi dengan kuah asam pedas yang teramat nikmat.  Keistimewaan yang tercipta dari kuliner ini adalah rasa asam segar dari penggunaan bumbu asam jawa yang masih muda.

Nama sup ini diambil dari bahasa Kaili; Ka berarti keras. Lalu Ledo mengandung makna tidak. Namanya sesuai dengan makanan yang disuguhkan, daging yang mudah terlepas dari tulang. Setelah selesai menghabiskan daging jangan lupa menghisap sum-sum dalam tulang. Wuih lezatnya.

Palu memiliki beberapa Warung Makan Kaledo terkenal seperti Kaledo Stereo, Depot 77 dan Warung Abadi. Kesemuanya berada di Jalan Diponegoro.

Uta Kelo

Uta Kelo ini terbuat dari daun kelor yang masih muda lalu dimasak dengan perasan santan dan rempah-rempah untuk meningkatkan cita rasanya. Masyarakat Palu membuat sayur ini menjadi identik karena penggunaan bahan bakunya. Tampilan dari kuliner satu ini tak jauh berbeda dengan sayur santan berbahan baku daun singkong yang sering kita temui di daerah lain.

Wempoi

Ada lagi wempoi yaitu sayur asam khas daerah Palu dengan isian berupa okra dan jantung pisang. Biasanya baik Uta Kelo maupun Wempoi dimakan dengan Nasi Jagung.

Mencari Uta Kelo dan Wempoi Anda tinggal menjejakan kaki kedalam warung makanan Kalili yang tersebar diseluruh Palu. Biasanya Warung Makanan Kalili juga menyediakan Ikan Bakar.

Ayam Bambu

Kuliner satu ini terbilang unik karena penggunanan wadah dari bambu. Ayam bambu merupakan masakan berkuah bumbu dari ayam yang dimasak di dalam bambu. Citra rasa tinggi hasil dari bumbu dan aroma bambu terbakar inilah yang membuat kuliner khas kota Palu ini dapat membuat Anda terpesona. Menu ayam bambu ini sudah sangat terkenal di kabupaten sigi sebagai daerah asal kuliner ini

Burasa

Burasa adalah makanan kecil sejenis lontong khas Palu. ‘Beras Ada Rasa’ ini terbuat dari beras dicampur santan dan dibumbui garam lalu dibungkus daun pisang. Perebusan Burasa biasanya sampai 4 jam agar tahan lama.

Mencari Burasa dan makanan kecil Palu Anda tinggal pergi ke Pasar Lama. Selain Burasa ada juga Kue Peranggi dan Broncong jika Anda suka yang manis-manis.

Komentar
Liputan khusus Pesona Indonesia destinasi digital
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
idul fitri 2018
Tips
Ini Tips berburu tiket mural di Travel fair
15 Apr 2018 | 08:29:22
Meski ada banyak pameran wisata yang diselenggarakan, namun masih banyak traveler yang gagal untuk mendapatkan tiket murah di helatan itu.
Mau naik kapal pesiar, Ini tipsnya 10 Mar 2018 | 08:03:22
Back to top
Must Read
Wisata Sulawesi Tengah, Kepulauan Togean,taman laut, Pulau Malenge
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved