Kunjungan wisatawan diharapkan meningkat via KEK Likupang

Ditulis 19 Dec 2019 | 07:22:02
Kunjungan wisatawan diharapkan meningkat via KEK Likupang
Kek Likupang (dok)

Manado (IndiTOURIST) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen mengharapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara menjadi daya dorong tingkatkan kunjungan wisatawan.

"Kawasan ini diharapkan meningkatkan serapan wisatawan mancanegara ke Sulut sebesar 162 ribu orang pada tahun 2025," kata Silangen beberapa waktu lalu.

Jumlah ini, kata dia, menyerap sekitar 16 persen dari target yang ditetapkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey yaitu sebanyak satu juta wisatawan mancanegara pada tahun lima tahun ke depan.

Rombongan pemerintah provinsi sebelumnya telah meninjau langsung KEK Pariwisata Likupang yang direncanakan menjadi lokasi pelaksanaan KTT-G20 tahun 2023 jika disetujui pemerintah.

Silangen berharap, instansi terkait terus bersinergi meningkatkan kerja sama dengan pemerintah provinsi untuk pengembangan KEK Likupang.

"Kepada Dinas PUPR diharapkan segera membuatkan list pertemuan rapat dengan Balai jalan, Balai Sungai yang ada di Sulut terkait pengembangan kawasan ini," sebutnyanya.

Para pihak memiliki komitmen program pembangunan KEK Likupang pada tiga tahun pertama yaitu pembangunan resort (luxury green resort, komersial (retail), danau, utilitas, hiburan (cultural village) dan jalan.

Pembangunan tahap satu seluas 63,7 hektare dengan investasi pembangunan kawasan Rp126,5 miliar dan investasi pelaku usaha Rp382,5 miliar.

Selain itu, KEK Likupang juga diprediksi mampu memberikan kontribusi pada pendapatan devisa pada 2030 sebesar Rp22,5 triliun. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
Kuliner Brastagi, kuliner suku Karo
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved