Kunjungan Wisman ke Sulsel pada Mei alami penurunan

Ditulis 04 Jul 2019 | 07:38:21
Kunjungan Wisman ke Sulsel pada Mei alami penurunan
Wisman Mantai (dok)

Makassar (IndiTOURIST) - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulawesi Selatan melalui pintu Makassar mengalami penurunan 16,22 persen pada Mei 2019.

Kepala BPS Sulawesi Selatan Yos Rusdiansyah mengatakan, jumlah wisman yang masuk melalui pintu Bandara Makassar tercatat sebanyak 1.105 wisatawan atau lebih rendah dari bulan sebelumnya yakni 1.319 wisatawan.

"Untuk periode Mei 2019 jumlah turis yang ke Sulsel melalui pintu Makassar itu sebanyak 1.105 orang. Angka ini turun hingga 16,22 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang 1.319 orang kunjungan," katanya.

Ia mengatakan penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara itu dipengaruhi beberapa faktor dan umumnya para turis yang akan melancong ke suatu negara selalu memperhatikan waktu atau musimnya.

"Kalau turis-turis asing itu selalu memperhatikan musim kalau ingin berwisata ke luar negeri, jadi mereka memang mempersiapkan jauh-jauh hari. Salah satu yang dipersiapkan itu berlibur di akhir tahun," katanya.

Berdasarkan data dari BPS, terdapat sepuluh negara yang menyumbang pelancong terbesar selama Mei 2019, yakni pelancong dari Malaysia, Jerman, Singapura, Amerika Serikat, Perancis, Australia, Tiongkok, Perancis, Jepang dan Inggris.

"Turis yang banyak berkunjung dari benua Asia, khususnya Asia Tenggara. Kemudian menyusul dari benua Eropa dan Amerika," katanya.

Yos menyebutkan secara tahunan atau year on year (yoy) jumlah kunjungan wisman Mei 2019 masih jauh lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 661 kunjungan.

"Kalau membandingkan periode yang sama Mei 2019 dengan Mei 2018 kenaikannya cukup besar sekitar 67,17 persen. Bulan ini jumlahnya 1.105 kunjungan dan Mei 2018 itu cuma 661 kunjungan," ucapnya. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
wisata yogya, bus pariwisata domapan, yogyakarta tourism, malioboro tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved