Teluk Kiluan

Lompatan Lumba-lumba di Alam Bebas

Ditulis 17 Jul 2015 | 08:30:23
Lompatan Lumba-lumba di Alam Bebas
Teluk Kiluan Nan Indah (foto : dok)

Selain keindahan pantainya yang sangat landai, keberadaan lumba-lumba yang meliuk-liuk dan melompat di alam bebas, jadi daya tarik wisatawan.  Ombak yang menantang di Kiluan, membuat wisatawan mancanegara betah untuk berselancar.

Terletak di Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung, Teluk Kiluan berada di wilayah Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus.  Kalau dari ibukota Propinsi Lampung, Bandar Lampung, jarak tempuh ke Kiluan sekitar 80 km, dalam waktu antara 3 hingga 4 jam.  Ini pun tergantung kondisi jalan dan cuaca.  Bila kondisi hujan, jalan yang dilalui becek dan licin. Akan memakan waktu yang cukup lama untuk mecapai lokasi. 

Struktur jalan yang kurang baik, berkelok dan kerap bergelombang, membuat hanya kendaraan tertentu saja yang disarankan lewat.  Kendaraan minibus seperti Inova atau sejenisnya adalah yang tergolong layak untuk digunakan mencapai lokasi Teluk Kiluan.  Bila sudah dekat dengan lokasi, Anda bisa melihat pemandangan rumah penduduk dari berbagai suku.  Ada warga Bali yang identic dengan Pura di halaman rumahnya, juga masyarakat Bugis, Jawa, dan tentunya peduduk asli Lampung.

Bila Anda sudah tiba di lokasi, Anda bisa mencari tempat bermalam sesuai yang tersedia. Ada beberapa homestay yang sederhana namun layak huni.  Selain itu para penduduk pun kerap menyewakan rumah tinggalnya atau kamarnya untuk dihuni para wisatawan.  Tarif per malam sekitar Rp.150 ribu per kamar yang bisa diisi hingga 6 orang.  Kalau ingin bermalam di Pulau Kelapa nama lain dari Pulau Kiluan, juga tersedia homestay dengan tariff yang sama.

Nah, dari Teluk Kiluan ini Anda bisa menuju Pulau Kelapa/Pulau Kiluan dengan menaiki Jukung atau perahu berjenis ketinting.  Tarif yangd ikenakan per orang sekitar Rp.15 ribu berjarak tempuh 15 menit.  Sedangkan bila hendak menyaksikan lumba-lumba, Anda bisa menyewa perahu dengan tariff Rp.250 ribu per perahu yang bisa ditumpangi hingga 3 orang.  Lama waktu sewa perahu adalah 2 hingga 3 jam.  Kami sarankan untuk menikmati perjalanan ini dan melihat lumba-lumba adalah pagi hari antara pukul 6-9 Wib.

Teluk Kiluan menampilkan pemandangan yang sangat mempesona. Air laut di teluk ini juga masih jernih dan bersih dengan warna biru toska. Kegiatan menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling juga bisa dilakukan.  Keindahan ikan-ikan laut yang berwarna-warni adalah pemandangan andalan dari bawah laut Kiluan.  Meski pun tidak memiliki terumbu karang atau sejenisnya sebagaimana laut di daerah lain. Anda pun bisa menikmati suset di sore hari yang sangat indah.

Backpacker

Bagi Anda yang tidak menggunakan kendaraan sendiri, Anda bisa melakukan perjalanan dengan cara estafet.  Perjalanan ini biasanya disebut dengan istilah backpacker.  Bila melakukan perjalanan dari Pulau Jawa, Anda bisa menumpang bis menuju pelabuhan Merak.  Perjalanan bisa ditempuh 2-3 jam dari berbagai terminal bis di ibukota, sebut saja Tanjung Priok, Kalideres, Rambutan, dan Bekasi sebagai wilayah pinggiran Jakarta.  Tarif yang dikenakan bis dengan jenis non Ac dan AC, antara 20 ribu hingga 30 ribu rupiah.

Setelah tiba di pelabuhan Merak, Anda bisa menyeberangi selat Sunda menuju pelabuhan Bakauheni.  Anda harus menumpang kapal Ferry dengan tariff terendah sekitar Rp. 15 ribu.  Bila sudah tiba di pelabuhan Bakauheni, Anda bisa menumpang travel atau bis jurusan Raja Basa.  Tarif travel sebesar Rp. 50 ribu, sedangkan tariff bis ekonomi dan AC dikenakan sekitar Rp.20 ribu hingga 30 ribu rupiah.  Jarak tempuh perjalanan sekitar 2 jam.  Setelah memasuki wilayah Bandar Lampung, Anda bisa turun di Kali Balok, tepatnya di bawah jalan laying Antasari.  Di situ nanti sudah tersedia kendaraan travel yang akan membawa Anda ke Kiluan dengan tariff sekitar Rp. 60 ribuan.

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved