Kuliner Madiun

Makanan Khas Madiun

Ditulis 18 Feb 2015 | 13:15:20
Makanan Khas Madiun
Pecel Madiun (foto : dok)

Berkunjung ke kota Madiun, jangan sampai melewatkan kulinernya. Kota ini dikenal akan nasi pecelnya yang terkenal sampai ke seluruh Nusantara. Namun apakah hanya nasi pecel yang ditawarkan kota di Jawa Timur ini? Yuk Kita tengok makanan apa saja yang layak diburu dan santap.

Pecel Madiun

Pertama-tama akan kita bahas dulu makanan terpopuler Madiun, nasi pecel. Nasi yang masih hangat serta sayuran yang direbus kemudian disiram oleh sambal kacang di pincuk (wadah dari daun pisang) membuat makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan nikmat serta cocok untuk menu pagi, siang maupun malam.

Pembeli bisa memilih lauk sesuai seleranya. Ada gorengan tahu, tempe, ikan, ayam, sate telur puyuh, juga ati-empela dan peyek kacang. Pecel asli Madiun yang bisa menjadi rekomendasi saat Anda di Madiun ada Warung Pecel Pojok di Jalan Cokroaminoto 117, dan Nasi Pecel Yu Gembrot di Pasar Besi Raya, Jalan Imam Bonjol.

Sego Jotos

Sego Jotos atau Nasi Jotos merupakan salah satu makanan khas di Kab Madiun dan sekitarnya. Walau tidak sepopuler nasi pecel, makanan satu ini sangat populer di masyarakat sekitar. Dinamakan jotos karena porsi nasinya yang sebesar kepalan pria dewasa, disertai lauk berupa telur, tempe atau tahu dan sambal dan beberapa aksesoris tambahan bisa berupa mie, atau bihun dengan pembungkus daun.

Sego Jotos biasanya dijual saat sore hari dan menjadi semacam teman nongkrong orang-orang. Ada beberapa tempat di Madiun yang terkenal dengan kelezatan nasi jotosnya seperti di Jalan Mangga, Jalan Salak, MT Haryono, dan Mayjend Pandjaitan.

Soto Ayam Kampung

Saat malam datang di Madiun, Anda bisa temukan sebuah warung soto sederhana yang terletak di sebelah Hotel Kartika Abadi. Soto Ayam Kampung Pak Sutopo yang terkenal gurih dan nikmat sudah lama menjadi nama besar di Madiun. Semangkuk soto ayam dan nasi biasanya disajikan bersama tempe goreng dan sate kulit serta ati ampela.

Sentra Ayam Panggang Madiun

Setelah malam makan soto, Siangnya Anda musti menyambangi Desa Gandu di Kelurahan Karangrejo. Desa ini menjadi pusat Ayam Panggang di seluruh Madiun. Usaha turun-temurun ini tidak hanya tersedia sebagai oleh-oleh, ayam panggang di sini juga dapat dinikmati di tempat. Anda bisa memilih untuk menyantap ayam kampung atau negeri. Rasa yang disuguhkan adalah bumbu pedas dan tumbar bawang atau disebut bumbu gurih.

Harga ayam panggang berkisar antara Rp60 ribu sampai Rp100 ribu. Kebanyakan gerai ayam buka mulai pukul 04.00 sampai 21.00.

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Ini Tips berburu tiket mural di Travel fair
15 Apr 2018 | 08:29:22
Meski ada banyak pameran wisata yang diselenggarakan, namun masih banyak traveler yang gagal untuk mendapatkan tiket murah di helatan itu.
Mau naik kapal pesiar, Ini tipsnya 10 Mar 2018 | 08:03:22
Back to top
Must Read
menpar arief yahya, menteri pariwisata, arief yahya, kunjungan wisman, target wisman, TIK dan pariwisata
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved