Malioboro Wisata Yogyakarta

Malioboro, Mulai dari Lesehan, Hingga Mall

Ditulis 23 Jul 2015 | 08:40:47
Malioboro, Mulai dari Lesehan, Hingga Mall
Jalan Malioboro Terbentang Hingga Keraton Sultan Yogyakarta
Latar Belakang Dan Sejarah

Bagi Anda yang doyan belanja,maka datanglah ke Jalan Malioboro di Yogyakarta. Daerah ini bisa dibilang sebagai pusat belanja bagi wisatawan yang datang ke Yogya. Malioboro memiliki deretan pedagang kaki lima, yang menjajakan kerajinan khas Yogyakarta mulai dari kaos sablon dengan disain khas Yogyakarta hingga baju-baju batik.

Malioboro membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta . Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Malioboro dan Jalan Jend. A. Yani. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta yang menghubungkan Gunung Merapi-tugu (kraton)- Laut selatan.

Malioboro merupakan kependekan dari "Maliya saka Bara" Artinya mulia dari pengembaraan. Dulu, Sri Sultan Hamengkubuwono IX punya cita-cita menjadikan Malioboro sebagai pusat kemuliaan. Terbukti sampai sekarang jalan ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Daya Tarik

Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah, Malioboro memiliki beberapa obyek wisata bersejarah seperti Tugu Keraton, Stasiun Tugu Gedung Istana Negara, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Malioboro merupakan pusat daerah wisata terbesar Yogyakarta dikelilingi dengan banyak hotel, restoran, dan toko-toko di dekatnya. Trotoar di kedua sisi jalan yang ramai dengan kios-kios kecil yang menjual berbagai barang. Di malam hari beberapa tempat makan lesehan beroperasi di sepanjang jalan. Jalanan ini dipenuhi seniman. Musisi jalanan, pelukis, dan seniman lainnya menunjukkan kreasi mereka di jalan ini.

Anda bisa berbelanja di gerai-gerai pinggir jalan yang menawarkan berbagai macam kaos sablon dengan desain khas Jogja atau kerajinan tangan seperti gantungan kunci, gelang dan lain-lain. Selain gerai pinggir jalan, Anda bisa mengunjungi pasar Beringharjo atau Mirota untuk berbelanja batik Jogja.

Lelah menyusuri jalanan Malioboro, ada beberapa pilihan menarik untuk menikmati malam. Yang paling menarik adalah naik andong bergaya khas Yogya. Andong yang ada di Yogyakarta memiliki kereta yang lebih panjang dan memiliki dua pasang roda.

Transportasi

Sesampainya di stasiun Kereta Tugu, Jogjakarta Anda bisa naik becak, andong atau berjalan kaki.  Jarak antara stasiun Tugu dengan Malioboro kurang lebih 100 meter. Stasiun ini hanya diperuntukkan bagi penumpang kereta api antar kota yang Bisnis dan Eksekutif, Prameks, Madiun Jaya.

Bagi yang datang dengan menggunakan bus, Anda bisa naik trans Jogja Route 3A dari Terminal Bus Giwangan atau naik trans Jogja Route 2A Dari Terminal bus Jombor.

Akomodasi

Malioboro memiliki hotel Mutiara, Ibis, dan Inna Garuda Hotel sebagai pilihan menginap di hotel berbintang dengan fasilitas yang lengkap. Jika Anda ingin menginap di tempat yang lebih murah, Gang Sastrowijoyan dan  Gang Dagem menyediakan berbagai penginapan dengan harga yang cocok bagi backpackers.

Kuliner

Makanan khas Yogyakarta seperti pecel, gudeg, sate ayam, wedang jahe, mie godok dan lain sebagainya tersedia di sepanjang jalan Malioboro dengan harga murah meriah. Untuk oleh-oleh tentu Bakpia Pathok adalah pilihan utama saat ke Yogyakarta. Anda tinggal minta antar ke tukang becak ke gerai Bakpia terdekat di Malioboro.

Tips

Hati-hati, seringkali kalau naik andong atau becak dan Anda ragu menyebutkan tujuannya, malah akan dibawa ke tempat-tempat yang tidak perlu Anda kunjungi.

Saat berbelanja tawar barang hingga 75 persen harga sebenarnya lalu naikkan tawaran sedikit demi sedikit, tawaran biasanya mencapai kesepakatan di angka 50 persen.kalau sudah menemukan barang yang ingin dibeli, setelah dibayar jangan diberikan kembali ke pedagang, tapi langsung bawa saja karena banyak pedagang nakal yang suka menukar barang dengan kualitas lebih jelek daripada barang yang dipajang.

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved