Wisata Kalimantan Selatan

Mencari Batu Mulia Di Martapura

Ditulis 07 Feb 2015 | 09:15:03
Mencari Batu Mulia Di Martapura
Destinasi Wisata (foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Terletak di tepian sungai Martapura, Kota Martapura di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, terkenal karena merupakan pusat transaksi penjualan dan tempat penggosokan intan utama di Kalimantan. Bahkan tempat ini disebut-sebut sebagai salah satu daerah penghasil batu mulia berkualitas terbaik di dunia.

Martapura juga terkenal sebagai kota santri-nya Kalimantan, nuansa Islam sangat kental di kota ini. Pengaruh islam bisa ditarik ke pendirian Kerajaan Islam yang terletak di bagian Selatan Pulau Kalimantan, disebut Kesultanan Banjarmasin dengan Martapura modern sebagai ibukotanya.

Daya Tarik

Di pasar intan Martapura, terdapat sekitar 87 toko batu permata. Selain membelinya dalam bentuk batuan, Anda juga bisa membeli batu permata yang telah diolah menjadi berbagai bentuk seperti kalung, gelang, cincin dan juga bros dengan harga variatif serta bisa ditawar.

Selain mengunjungi pusat perbelanjaan intan dan permata, rata-rata pengunjung juga ingin melihat Masjid Al Karomah yang merupakan masjid terbesar di Kalimantan ini. Masjid ini memiliki kubah yang unik dengan warna-warna di puncaknya, dan juga dilengkapi dengan satu menara tinggi dengan arsitektur yang unik.

Di Kecamatan Cempaka, sekitar 7 km dari pusat Kota Martapura terdapat lokasi pendulangan intan permata. Di sana, para wisatawan bisa melihat langsung proses pendulangan intan dan permata.

Transportasi

Dari luar provinsi Anda bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara  Syamsudin Noor Banjarmasin. Jika datang dari Bandara Syamsudin Noor, waktu tempuh menuju Martapura relatif lebih singkat, yaitu sekitar 20 menit saja.

 Martapura berjarak sekitar 45 km sebelah Timur Banjarmasin. Dari Kota Banjarmasin, Anda dapat memilih transportasi umum atau menyewa mobil untuk sampai ke Martapura.

Akomodasi

Anda bisa memilih tempat menginap di Banjarmasin. Sebagai ibukota KalSel, Banjarmasin memiliki banyak pilihan bagi wisatawan untuk menginap. Namun, di Martapura sendiri juga terdapat pilihan hotel dan akomodasi dengan harga yang beragam.

Tips

Saat berbelanja keluarkan kemampuan menawar Anda. Anda bisa mendapat harga miring dengan penawaran yang tepat.

 

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved