Wisata Pantai Ambon Manise

Menikmati Wajah Ambon Manise Nan Eksotik

Ditulis 14 Jan 2015 | 17:21:22
Menikmati Wajah Ambon Manise Nan Eksotik
Patung Pattimura, Salah Satu Landmark Ambon Manise
Latar Belakang dan Sejarah

Ambon Manise, itulah yang sering terucap jika kita mendengar kota Ambon yang ada di kepulauan Maluku. Julukan ini tepat sekali pada sasaran. Pulau kecil di tengah laut, kuliner yang lezat dan tempat bersejarah akan membuat wisatawan tersenyum manis saat mengunjungi Ambon.

Kota Ambon sendiri sudah ada sejak kedatangan Portugis pada tahun 1513. Tahun 1575, penguasa Portugis mengerahkan penduduk lokal untuk membangun benteng Kota Laha atau Ferangi yang diberi nama waktu itu Nossa Senhora de Anunciada di dataran Honipopu. Dalam perkembangannya sekelompok masyarakat pekerja yang membangun benteng tersebut mendirikan perkampungan yang disebut Soa, kelompok masyarakat inilah yang menjadi dasar dari pembentukan kota Ambon.

Daya Tarik

Landmark yang paling terkenal di kota ini adalah Patung Pattimura di Lapangan Merdeka. Di lapangan inilah pahlawan dari Maluku ini digantung oleh penjajah demi membela rakyatnya. Selain itu, ada juga Patung Martha Christina Tiahahu yang didirikan di Karang Panjang. Objek wisata sejarah lainnya yang bisa ditengok adalah Tugu Dolan di kawasan Kudamati, patung Franciscus Xaverius di Batu Meja dan Tugu Trikora di Urimesing.

Ada pula Gong Perdamaian Dunia, simbol perdamaian yang ditempatkan di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya di Ambon. Letaknya tepat di depan kantor gubernur.   Untuk masuk ke sana, pengunjung harus membayar Rp 5.000.

Di Museum Siwalima Anda bisa lebih mendalami sejarah dan kebudayaan Maluku. Museum yang berdiri tahun 1973 ini berisi ragam artefak dan koleksi biologi, etnografi, arkeologi, sejarah, seni dan budaya di Maluku.

Selain itu Anda bisa mengunjungi Namalatu Beach di Latuhalat dan Natsepa Indah Beach di Natsepa untuk merasakan indahnya pantai Ambon.

Transportasi

Bandar Udara Pattimura yang berjarak 36 Km dari pusat Kota Ambon, telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas sesuai dengan peruntukannya sebagai Bandara Internasional.

Akomodasi

Ambon, sebagai salah satu kota besar di Timur Indonesia memiliki banyak penginapan dan hotel. Beberapa hotel yang bisa kami sarankan antara lain : Swiss-Belhotel Ambon, Amaris Ambon, Amans Ambon Manise, dan Ora Beach Hotel. Yang terakhir ini biasanya digunakan pasangan saat berbulan madu.

Kuliner

Ikan Asap atau Ikan Asar, merupakan makanan dari ikan Tongkol dan Ikan Tuna segar. Di Kawasan Galala dan pasar PLTD akan ditemukan banyak berjejer kios pedagang yang memajang daganganya dengan berbagai jenis ikan asap dari berbagai ukuran dan jenis.  Kkan asap ini cocoknya dimakan dengan nasi dan sambal colo-colo.

Satu lagi yang wajib Anda kunjungi yaitu kedai kopi Walang Kopi Sibu-Sibu. Karena tempat ini menyajikan hidangan kopi khas Pulau Ambon. Jenis kopinya sendiri berasal dari biji kopi Robusta dicampur dengan  bubuk cengkeh halus, kemudian ditaburi biji ketapang muda sebagai penghias dan pelengkap aroma kopi.

Tips

Udara kota Ambon cukup panas, ada baiknya selalu membawa air minum dan memakai topi agar tidak dehidrasi.

Keindahan Ambon Manise dari lensa kamera : http://www.indowisata.co/photo/menikmati-wajah-ambon-manise-nan-eksotik.html

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Wisata Sulawesi Tengah, Kepulauan Togean,taman laut, Pulau Malenge
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved