Kuliner Cirebon

Menutup Lapar di Cirebon

Ditulis 13 Dec 2014 | 06:01:17
Menutup Lapar di Cirebon
Makanan Khas Cirebon

Berada diantara Jawa Barat dan Tengah, kuliner Cirebon sangat khas karena tidak sama dengan corak makanan Jawa Barat pada umumnya namun juga berbeda dari olahan khas Jawa Tengah. Kuliner Cirebon seperti memiliki identitas otentiknya sendiri.  Lezatnya kuliner Cirebon sudah bukan rahasia lagi dan selalu diburu oleh siapapun yang mengunjungi kota ini.

Docang

Docang sekilas seperti campuran antara soto, lontong sayur dan sayur berkuah. Sepiring Docang terdiri irisan lontong, daun singkong, tauge setengah matang yang disiram dengan kuah panas. Ke dalamnya ditambahkan kerupuk putih yang dihancurkan dan sedikit oncom yang diremah. Tak ketinggalan ada taburan kelapa parut.

Ibu Kapsa merupakan tempat paling tepat untuk mencoba masakan yang populer sebagai menu sarapan ini. Berjualan di pinggir jalan Siliwangi dengan menggunakan tenda sederhana, tempat ini sangat mencolok karena nyaris tak pernah sepi pengunjung. Sedari jam 6 hingga 10 pagi ratusan orang silih berganti mengisi beberapa meja dan kursi yang tersedia.

Nasi Lengko

Nasi lengko ini sangat populer dan dapat ditemukan di berbagai tempat di Kota Cirebon. Bahan-bahan makanan ini cukup sederhana, seperti nasi putih, tahu, tempe, mentimun, taoge, dan daun kucai (seledri) yang kemudian ditaburi bawang goreng serta disiram bumbu kacang dan kecap. Lebih enak lagi jika ditemani kerupuk dan emping.

Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah tahu yang dipotong kecil-kecil dan ditaruh di atas piring kecil yang terbuat dari tanah liat, lalu disajikan dengan bumbu gula merah, cabai, serta bawang merah dan bawang putih yang diulek. Jenis tahu yang digunakan adalah tahu lamping atau tahu sumedang.

Empal Gentong

Salah satu masakan Cirebon terlezat tidak dapat diragukan lagi adalah Empal gentong. Masakan ini secara garis besar adalah gulai daging sapi yang dimasak dalam gentong berbahan kayu pohon asam selama sekurangnya lima jam. Hal ini berguna untuk menciptkan rasa legit dan daging yang empuk. Kuahnya mirip soto. Empal ini disajikan dengan nasi atau lontong. Empal ini ditaburi daun kucai, sambal kering, dan kerupuk rambak. Ada banyak pedagang empal gentong yang tersebar di seluruh Kota Cirebon.

Dari sekian banyak penjaja empal gentong di Cirebon,Empal Gentong Mang Kojek di Jalan Fatahillah layak untuk Anda sambangi.

Nasi Jamblang/Sega Jamblang

Jamblang adalah nama daerah di barat Kota Cirebon tempat nasi jamblang berasal. Sega jamblang menggunakan daun jati sebagai bungkus nasi yang tersaji secara prasmanan. Menunya, antara lain, sambal goreng, tahu sayur, paru-paru, semur hati atau daging, perkedel, satai kentang, telur dadar/goreng, sambal goreng telur, semur ikan, ikan asin, tahu, dan tempe. Sambal goreng pelengkap nasi jamblang sangat khas karena tidak pedas. Rupanya sambal tersebut dibuat dari kulit cabai yang diiris tipis memanjang sementara bijinya tidak digunakan.

Nasi Jamblang depan Stasiun Kejaksan cukup popular sebagai tempat kuliner di pusat kota Cirebon. Tempatnya yang agak tersembunyi di balik gapura tak membuatnya sepi. Selain disukai masyarakat Cirebon, nasi jamblang ini juga disinggahi sejumlah wisatawan dan tamu hotel di sepanjang Jalan Siliwangi.

Mi Koclok

Mi koclok adalah mi kuning yang disajikan dengan taoge, kol, suwiran daging ayam, telur, kemudian disiram dengan kuah santan. Makanan ini harus disajikan panas-panas sebab tidak enak jika dimakan dingin.

Sate Kalong

Mungkin mendengar namanya Anda sudah berpikiran bahwa sate ini terbuat dari Kelelawar. Namun jangan khawatir bahan yang digunakan bukan daging kelelawar melainkan daging kerbau. Disebut sate kalong karena hanya dijual mulai matahari terbenam hingga larut malam. Cara berjualan sate ini menggunakan genta yang berbunyi khas. Bebunyian ini dikenal dengan nama ‘klonongan’. Genta biasanya dipasang di leher kerbau. Cara penyajiannya, daging kerbau yang sudah diolah dengan bumbu ditusuk dengan sujen. Ada dua rasa sate kalong, yaitu manis dan asin.

 

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Wisata Cirebon, Upacara Panjang Jimat, Kuliner Cirebon
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved