Kepulauan Halmahera

Morotai, Pulau Paling Utara Indonesia

Ditulis 14 Feb 2015 | 10:15:20
Morotai, Pulau Paling Utara Indonesia
Salah satu Cottage di Morotai (Foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Di ujung paling utara Nusantara, tepatnya di kepulauan Halmahera, Maluku Utara terdapat sebuah pulau indah bernama Morotai. Pulau ini luasnya hanya 1.800 kilometer persegi, namun kecantikan alamnya telah menarik wisatawan dalam dan luar negeri untuk menyambanginya.

Pulau Morotai juga mempunyai coretan sejarah penting pada perang dunia ke dua. Letaknya yang berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Filipina, membuat Morotai digunakan sebagai basis pertahanan Jepang untuk teater perang pasifik. Pasukan sekutu  berhasil merebut pulau strategis ini dari tangan Jepang tanggal pada tahun 1944. Sebelumnya, selama abad ke-15 dan 16, Morotai berada di bawah pengaruh Kesultanan Ternate yang berkuasa.

 Di pulau ini terdapat cerita menarik mengenai Nakamura, seorang serdadu Jepang yang bersembunyi selama 30 tahun lebih di hutan dan tidak tahu bahwa perang telah lama usai. Nakamura adalah prajurit Jepang Perang Dunia Kedua terakhir yang keluar dari persembunyiannya di berbagai negara.

Daya Tarik

Morotai adalah saksi dahsyatnya perang dunia kedua. Anda bisa temukan berbagai peninggalan perang seperti gua persembunyian Jepang, landasan pesawat, juga kendaraan lapis baja yang masih utuh. Salah satu peninggalan yang paling terkenal adalah bangkai pesawat Bristol Beuford yang tenggelam di kedalaman 40 meter, di lautan sebelah selatan Morotai.

Ingin lebih mengetahui peran Morotai di perang dunia II? Museum Morotai berisi koleksi peninggalan Perang Dunia II hasil penemuan penduduk Morotai.

di Pulau Sum Sum dekat dengan Morotai terdapat patung untuk mengenang legenda perang dunia II Jendral McArthur. Di sinilah Jenderal MacArthur menghembuskan nafas terakhirnya.

Diantara bangkai-bangkai peninggalan perang, Morotai memiliki kecantikan alam bak surga tropis. Dengan garis pantai nan putih, dan  lebih dari 25 titik penyelaman yang menyuguhkan keindahan tiada tara. Ada Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, hingga Saminyamau Anda pasti akan nyemplung ke laut terus-menerus.

Transportasi

Cara paling efisien untuk menuju ke Morotai adalah dengan penerbangan perintis dari Ternate ke Galela, lalu lanjut ke Morotai dengan harga tiket Rp250.000,-.

Akomodasi

Hotel yang populer adalah Pacific Inn dengan tarif Rp 250 ribu semalam.  Selain itu ada beberapa penginapan dan hotel di pulau walau tidak terlalu banyak.

Kuliner

Morotai menyajikan masakan laut segar yang ditangkap di perairan sekitar pulau. Lobster adalah incaran wisatawan yang menyambangi pulau ini.

 

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved