Ngarai Sianok

Ngarai Sianok, Bukan Sekedar Lembah Nan Panjang

Ditulis 22 Jul 2015 | 09:16:49
Ngarai Sianok, Bukan Sekedar Lembah Nan Panjang
Pintu Gerbang Utama
Latar Belakang dan Sejarah

Ngarai Sianok merupakan lembah curam yang berada di tengah Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Lembah yang panjang dan berkelok-kelok ini terletak di selatan Ngarai Koto Gadang sampai Ngarai Sianok Enam Suku, dan berhenti di Palupuh. Mempunyai kedalaman 100 m dan memunyai panjang kurang lebih 15 km dengan lebar 200 m, Ngarai Sianok merupakan pemisah pulau Sumatera menjadi 2 bagian yang memanjang atau disebut Patahan Semangko.

Pada tahun 2007 akibat gempa Sumatera sebagian dindingnya runtuh,eskipun demikian Ngarai Sianok mendapatkan The Best Tourism Object dalam ajang Penghargaan Padang Tourism Award 2007 yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat.

Daya Tarik

Tidak hanya pemandangan tebing curam saja, Batang Sianok (batang dalam bahasa Minangkabau berarti sungai) yang mengalir di Ngarai Sianok pun menambah keindahan lokasi wisata di Sumatera Barat. Airnya yang cukup jernih ini bermuara di Samudera Hindia. Terkadang aliran Sungai Sianok sering digunakan untuk beraktivitas olah raga air seperti, arung jeram, kayak, dan kano. pengunjung juga bisa mengunjungi bunker Jepang yang berada di dasar ngarai.

Selain itu, di sepanjang tepi sungai masih dapat dijumpai bunga rafflesia yang tumbuh subur dan beraneka ragam tumbuhan obta-obatan. Jika Anda ingin melihat satwa liar, Anda bisa masuk ke dalam hutan di lembah Sianok. Beberapa hewan yang bisa Anda temui yaitu siamang, monyet ekor panjang, rusa, macan tutul, babi hutan, dan mungkin juga tapir asia.

Di Taman Panorama, pengunjung  dapat menikmati pamandangan indah  Ngarai sambil makan di Gazebo.Taman ini juga memiliki teater mini untuk pertunjukan  kesenian lokal.

Transportasi

Jika Anda berangkat dari kota Padang, untuk menuju ke Bukittinggi Anda bisa menggunakan transportasi darat dengan angkutan umum. Waktu tempuh kurang lebih sekitar 2 jam dengan jarak tempuh 90 Km. Setibanya di Bukittinggi, perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum yang banyak dijumpai menuju ke objek Ngarai Sianok. Untuk kenyamanan Anda, disarankan lebih baik menggunakan mobil pribadi atau agen travel.

Akomodasi

Karena terletak di pusat kota, banyak dijumpai penginapan villa dan hotel yang nyaman di sekitar Ngarai Sianok. Seperti Ambun Suri Hotel Bukittinggi dan Parai Mountain Resort. Disini juga banyak hotel melati yang aman, nyaman, murah, semua dekat dengan objek wisata.

Kuliner

Nasi Kapau merupakan menu makanan yang sangat menarik untuk Anda coba. Anda bisa mencobanya di Warung yang berada di Pasar Lereng.

Tips

Deretan kios-kios yang menjual aneka cinderamata, seperti kaos, lukisan Ngarai Sianok, tas, kerajinan tangan, dan lain-lain dapat ditemui di bagian sebelah utara Taman Panorama.

Lebih baik Anda datang lebih awal untuk melihat  matahari terbit atau menunggu saat matahari terbenam karena pada saat-saat inilah Anda akan  menyaksikan pemandangan yang luar biasa indahnya.

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved