Taman Nasional Kepulauan Togean

Nikmati Keindahan Taman Laut Kepulauan Togean

Ditulis 30 Dec 2014 | 23:03:22
Nikmati Keindahan Taman Laut Kepulauan Togean
Taman Bawah Laut Nan Indah di Togean
Latar Belakang dan Sejarah

Kepulauan Togean merupakan bagian wilayah dari Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Kepulauan Togean terbentang sepanjang 90 km. Kepulauan ini terdiri atas 6 pulau besar dan  pulau-pulau yang lebih kecil yang jumlahnya mencapai 60 pulau. Kepulauan yang terletak di kawasan Teluk Tomini ini menyimpan kekayaan alam yang sungguh mengagumkan.

Di kepulauan ini terdapat ratusan jenis terumbu karang, ikan, moluska, dan beberapa jenis hewan yang sudah mulai langka. Pemerintah pun menetapkan Kepulauan Togean sebagai taman nasional.

Daya Tarik

Di Togean ada sekitar 33 jenis mangrove yang terdiri dari 19 jenis mangrove sejati dan 14 jenis mangrove ikutan. Ke-33 jenis mangrove tersebut dikelompokkan dalam 26 genus dan 21 familia. Ini jelas di dalamnya ada beragam fauna yang menghuni dengan keunikannya masing-masing.

Sementara Ragam terumbu karangnya ada 4 tipe yaitu karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef), karang tepi (fringing reef), dan karang cincin (atoll). Ada pula 35 spesies ikan kupu-kupu (Chaetodontidae) yang hidup di sekitarnya sekaligus menjadi indikator bahwa terumbu karangnya begitu sehat dan masih alami.

Di sini, para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan wisata, seperti memancing, menyelam, berenang, berlayar, atau berjemur di atas pasir putih yang terhampar di hampir seluruh pantai. Rimba dengan tangkasi  dan  babi hutan di dalamnya, para nelayan dengan segenap aktivitasnya, juga rumah-rumah Suku Bajo adalah keindahan lain yang dipersembahkan Kepulauan Togean.

Pulau Batudaka merupakan pulau terbesar dan yang paling mudah dicapai di kepulauan Togean. Di Pulau Batu Daka ini selain desa Bomba sebagai desa pemukiman terdapat desa Wakai tempat/ pelabuhan pemberangkatan ke Pulau Kadidiri yang merupakan obyek wisata di kepulauan Togean.

Di desa Bomba sangat baik untuk berenang dan snorkeling dan mengunjungi goa kelelawar yang tidak terlalu jauh dari desa Bomba. Beberapa kilometer ke arah pedalaman terdapat air terjun.

Pulau Kadidiri merupakan pulau paling populer , pantai yang sangat indah dengan lokasi snorkeling dan menyelam sempurna. tersedia banyak penginapan murah dan di sebelah barat pantai terdapat deretan batu karang terjal yang menjadi habitat kepiting karang.

Kawasan pemukiman utama di Pulau Togean adalah Desa Katupat ,di sekitar pulau terdapat kawasan pantai yang lebih indah dan sangat bagus untuk trekking.

Transportasi

Dari Bandara Mutiara Palu, Anda dapat menyewa taksi bandara menuju travel dengan ongkos sekitar Rp50.000,00. Travel ini akan membawa Anda ke Ampana. Berikut pilihan armada travel menuju Ampana dengan tarif sekitar Rp110.000,00.

Akomodasi

Di Taman Nasional Kepulauan Togean ada beragam penginapan, wisma, dan cottage dengan tarif sewa yang beragam. Di sini bahkan Anda dapat menginap di rumah penduduk lokal tanpa dikenakan bayaran sepeser pun.

Anda juga  dapat memilih penginapan di sekitar Pulau Tongkabu atau juga di Ampana.

Kuliner

Mayoritas jenis makanan di kawasan ini adalah makanan olahan hewan laut atau seafood. Makanan khas Togean sendiri adalah sagu. Di Ampana, Anda bisa menikmati keindahan malam dan kuliner khas berupa ikan bakar rica-rica yang istimewa.

Tips

Kepulauan Togeanmenawarkan paket penyelaman juga trekking di seluruh pulau pulau untuk melihat babi rusa togean, rusa, kelelawar, kepiting kenari.

Berikut foto keindahan Taman Laut Togean :

http://www.indowisata.co/photo/taman-nasional-kepulauan-togean.html

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
bandara radin inten II, wisata lampung, pantai kiluan, way kambas
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved