Menpar :

Nomadic Tourism akan diminati wisatawan

Ditulis 02 Nov 2018 | 07:40:21
Nomadic Tourism  akan diminati wisatawan
Pantai Belitung (dok)

Belitung (IndiTOURIST) - Menteri Pariwisata Arief Yahya meyakini sejumlah obyek wisata di Belitung seperti Tanjung Kelayang akan sangat diminati wisatawan "nomadic".

"Kalau membangun Kawasan Ekonomi Khusus semacam Nusa Dua, Mandalika, dan lain-lain perlu waktu lama, jadi Belitung lebih cocok untuk dibangun dengan konsep nomadic tourism," kata Arief Yahya beberapa waktu lalu.  Ia bahkan optimistis konsep "nomadic tourism" untuk Belitung bisa menjadi solusi selamanya.

"Nomadic tourism" adalah segala aktivitas atau bisnis yang terkait gaya hidup dan budaya berpindah-pindah seperti menggunakan "glamp camp", "home pod", dan "caravan" sebagai fasilitas akomodasi.

"Kita dengan 75.000 desa dan lebih dari 17.000 pulau seperti Belitung yang terdiri dari pulau-pulau kecil akan sangat lama jika dikembangkan dengan KEK konvensional, dengan membangun pola nomadic hal itu bisa menjadi solusi," katanya.

Menurut dia, Belitung sangat potensial menjadi destinasi nomadic tourism karena alamnya yang sangat indah dan kemungkinan besar diminati wisatawan high-end.

"Pasarnya besar, "nomadic tourism" ada potensi 21 juta-35 juta orang wisman dari seluruh dunia yang meminatinya," katanya.

Oleh karena itu, ia mengundang investor pariwisata untuk tidak ragu menanamkan modalnya di Provinsi Babel melalui konsep nomadic tourism.

Di Tanjung Kelayang Belitung misalnya, telah dikembangkan konsep nomadic tourism yakni Eco Beach Tent by Billiton yang telah beroperasi sejak Mei 2018.

Eco Beach Tent mengembangkan model glamcamp dengan tagline "Reconnect With Nature" dengan beragam fasilitas pendukung hotel berbintang lima dan ramah lingkungan. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
karnaval singkawang, festival singkawang, kota singkawang, wisata singkawang, wisata pontianak
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved