Nonton “Ironman”, Ribuan Wisman Penuhi Lagoi Bintan

Ditulis 22 Aug 2018 | 08:02:37
Nonton “Ironman”, Ribuan Wisman Penuhi Lagoi Bintan
Bandara Bintan (dok)

Bintan, Kepri, (IndiTOURIST) - Sekitar lima ribu wisatawan mancanegara mulai memadati Lagoi, kawasan wisata berskala internasional di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau untuk menyaksikan Ironman 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan, wisman terdiri dari peserta Ironman dan Ironkids. Peserta Ironman dan Ironkids lebih dari 1.200 orang. Mereka tidak datang sendiri ke Bintan, melainkan membawa keluarganya.

"Seluruh kamar hotel di Lagoi dan sekitarnya penuh mulai hari ini hingga besok. Itu (kunjungan wisman) menunjukkan antusiasme turis terhadap gelaran Ironman dan Ironkids," katanya.

Luki mengatakan Ironman diselenggarakan pada Minggu (19/8). Pemerintah dan institusi lainnya di Kabupaten Bintan yang terlibat dalam kepanitiaan siap melaksanakan gelaran Ironman.

Salah satu persiapan yang dilakukan yakni pengamanan dan kenyamanan peserta. Pemerintah juga sudah memperbaiki dan membersihkan jalan menjelang pelaksanaan Ironman dan Ironkids 2018.

"Bagian jalan yang rusak sudah diperbaiki. Kawasan yang dilalui peserta Ironman dan Ironkids juga dipercantik," katanya.

Ia mengatakan, wisata olahraga itu berpusat di kawasan wisata Lagoi Bay. Peserta harus  berenang sejauh 1,9 kilometer, lari 21,1 kilometer, dan bersepeda melewati sejumlah kawasan di Bintan sejauh 90 kilometer.

Wisman yang menjadi peserta Ironman juga dapat menikmati keindahan alam, dan keramahan masyarakat selama mengayuh sepeda mengikuti rute yang telah ditetap panitia Ironman.

Rute balap sepeda yang dilalui mulai dari Lagoi Bay, Sungai Kecil, Tanjunguban, Desa Busung, jalan Lintas Barat, Kuala Siampang, dan kembali lagi ke Lagoi Bay.

"Kami mencatat sebanyak 1.200 orang dari 54 negara mengikuti Ironman 2018. Sebagian besar berasal dari Singapura. Banyak warga asing yang tinggal di Singapura mengikuti kompetisi ini," ucapnya.

Luki menjelaskan Ironman merupakan kegiatan pariwisata yang dikemas dalam bentuk olahraga. Kegiatan ini mirip dengan triathlon yakni peserta harus berenang, berlari dan bersepeda.  "Besok ada pejabat yang mewakili Menteri Pariwisata yang membuka Ironman," ujarnya.

Ia mengatakan Ironman bagian dari strategi peningkatan jumlah kunjungan wisman ini dinilai berjalan efektif selama bertahun-tahun. Dengan mengikuti kegiatan ini, peserta dapat menikmati keindahan pantai Bintan dan keindahan kawasan wisata di Lagoi Bay. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved