Padatnya Prameks dari Kutoarjo segera diatasi

Ditulis 11 May 2018 | 07:39:27
Padatnya Prameks dari Kutoarjo segera diatasi
Prameks (dok)

Solo (IndiTOURIST) - PT Kerata Api Indonesia mengatakan siap untuk mengoperasikan kereta api yang seyogyanya diperuntukkan bagi transportasi ke bandara guna mengatasi kepadatan penumpang pada kereta api Prambanan Express (Prameks) rute Solo-Kutoarjo.

"Sambil menunggu rute KA bandara selesai, maka sementara ini KA kami manfaatkan untuk memecah kepadatan KA Prambanan Express (Pramex)," kata Kepala Humas Daop VI PT KAI Eko Budianto.

Ia mengatakan masing-masing rangkaian KA yang dipesan di PT INKA ini terdiri atas empat gerbong. Rencananya KA akan diresmikan pada Jumat (11/5), sedangkan untuk jadwal keberangkatan KA tersebut saat ini masih dirapatkan oleh PT KAI.

"Yang pasti untuk satu rangkaian akan ditempatkan di Solo Balapan, sedangkan satu lagi di Kutoarjo," katanya.

Ia mengatakan rencananya KA berkapasitas 300 penumpang untuk sekali angkut tersebut pada tiga hari pertama operasional akan digratiskan. Dengan demikian, penumpang tidak akan dikenai tarif tiket.

"Kalau normalnya nanti untuk tarif tiket masih kami rapatkan, kemungkinan sekitar Rp30.000-40.000/penumpang," katanya.

Mengenai jarak tempuh, dikatakannya, rute tersebut dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan syarat tidak berhenti di setiap stasiun.

"Kalau berhenti di setiap stasiun maka jarak tempuhnya antara 50-60 menit. Yang jelas KA ini lebih andal dalam ketepatan waktu," katanya.

Sementara itu, Senior Manager Protokoler INKA Muhammad Cholik Zamzam mengatakan saat ini dua KA pesanan PT KAI telah disiapkan. Ia mengatakan dua KA tersebut saat ini masih berada di Madiun dan siap dikirimkan ke Solo.

"Untuk waktu pengirimannya, kami belum dapat memastikan, apakah hari ini atau besok," katanya. (ak/Ant)

Komentar
Liputan khusus Pesona Indonesia destinasi digital
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Ini Tips berburu tiket mural di Travel fair
15 Apr 2018 | 08:29:22
Meski ada banyak pameran wisata yang diselenggarakan, namun masih banyak traveler yang gagal untuk mendapatkan tiket murah di helatan itu.
Mau naik kapal pesiar, Ini tipsnya 10 Mar 2018 | 08:03:22
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved