Pameran di ITB, Flores, Wakatobi, Toraja, dan Tanjung Putting siap sambut wisatawan

Ditulis 09 Mar 2018 | 07:12:39
Pameran di ITB, Flores, Wakatobi, Toraja, dan Tanjung Putting siap sambut wisatawan
Suasana Pamran ITB Berlin (dok : Kemenpar)

Jakarta (IndiTOURIST) - Tujuan wisata Flores, Toraja, Wakatobi, dan Tanjung Puting kembali hadir di pameran pariwisata terbesar, ITB (Internationale Tourismus-Börse) Berlin, Jerman pada 7-11 Maret 2018.

ITB Berlin memberi kesempatan bagi para exhibitor Indonesia untuk bertemu dan berinteraksi dengan pembeli dan pelaku pasar wisata internasional.

Berbagai potensi pariwisata baru yang ada di tiap destinasi, khususnya produk pariwisata berbasis masyarakat menjadi salah satu materi promosi yang diangkat keempat tujuan wisata unggulan itu tahun ini.

Rute penerbangan baru yang langsung menghubungkan Jakarta menuju Labuan Bajo, serta peluncuran paket wisata jelajah Adat Trails yang menghubungkan berbagai desa adat di Ngada, Flores diharapkan semakin mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai angka 20 juta pada 2019.

Mengusung pemberdayaan masyarakat lokal, destinasi Wakatobi dan tujuan wisata Tanjung Puting turut gencar mempromosikan desa wisata yang telah siap menerima tamu dengan berbagai paket budaya, alam, dan petualangan yang ada.

“Tujuan wisata Wakatobi terus berusaha melakukan diversifikasi produk selain wisata bahari, serta memberikan informasi terbaru, termasuk akses transportasi baru menuju Wakatobi,” jelas Mursiati dari Wakatobi IWG Networks dalam siaran pers.

Hal ini juga dipertegas Arif Nugroho, mewakili Forum Tata Kelola Pariwisata (FTKP) Tanjung Puting “Selain melihat kehidupan orangutan dengan lebih dekat, wisatawan dapat menambah agenda kunjungan dengan hidup bersama masyarakat asli Dayak. Diharapkan Tanjung Puting dapat terus dikenal hingga menjadi salah satu destinasi terbaik di dunia.”

Tak mau ketinggalan, tujuan wisata Toraja juga menyediakan berbagai paket wisata menarik baru termasuk wisata petualangan alam, antara lain bersepeda, arung jeram, kelas memasak, hingga kelas membuat batik asli Toraja.

“Kami ingin menonjolkan keunikan lain dari Toraja bagi wisatawan. Ini diharapkan dapat mengurangi kesan bahwa Toraja hanya memiliki wisata yang berkaitan dengan upacara kematian semata,” jelas Yohan Tangke Salu, ketua PHRI Toraja Utara dan wakil ketua Toraja Destination Management Organisation (DMO).

Setelah ITB Berlin, dia mewakili keempat tujuan wisata akan menghadiri business meeting di Den Haag, Netherland dan juga International Tourism Fair Place2Go di Zagreb, Kroasia.

Setelah berhasil meraih peringkat pertama kategori peserta terbaik untuk Kawasan Asia/Australia/Oceania pada ITB Berlin 2017 lalu, delegasi Indonesia berharap dapat mempertahankan prestasi serupa pada 2018 ini.  (ak/Ant)

 

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved