Taman Nasional Lore Lindu

Panorama Kehidupan Flora dan Fauna di Taman Nasional Lore Lindu

Ditulis 08 Jan 2015 | 17:05:42
Panorama Kehidupan Flora dan Fauna di Taman Nasional Lore Lindu
Salah Satu Titik Terunik Taman Lore Lindu
Latar Belakang dan Sejarah

Taman Nasional Lore Lindu, di tengah pulau Sulawesi bisa jadi pilihan liburan yang menarik. Hutan tropisnya kaya dengan flora dan fauna khas. Taman nasional ini terletak sekitar 60 kilometer selatan kota Palu dan memiliki fauna dan flora endemik Sulawesi serta panorama alam yang menarik karena terletak di garis Wallace yang merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia.

Kawasan Taman Nasional Lore Lindu merupakan habitat mamalia asli terbesar di Sulawesi. Anoa, babirusa, rusa, kera hantu, kera kakaktonkea, kuskus marsupial dan binatang pemakan daging terbesar di Sulawesi, musang Sulawesi hidup di taman ini. Taman Nasional Lore Lindu juga memiliki paling sedikit 5 jenis bajing dan 31 dari 38 jenis tikusnya, termasuk jenis endemik. Lebih dari 230 jenis burung, termasuk maleo, 2 jenis enggang Sulawesi yaitu julang Sulawesi dan kengkareng Sulawesi. Burung enggang benbuncak juga disebut rangkong atau burung allo menjadi penghuni Taman Nasional Lore Lindu.

Daya Tarik

Obyek wisata andalan yang tersebar di sepanjang Tanah Lore yaitu obyek wisata bird watching di Padeha, air terjun di Wuasa dan Kolori, air panas di Watumaeta dan Lengkeka, camping ground di Wuasa, arung jeram di Sungai Lariang di Gintu, satwa liar rusa di Torire dan anoa di padang Lelio, Watumaeta, Wuasa serta satwa tarsius di Lengkeka dan juga situs batuan-batuan Situs Batu Megalith yang tersebar di lembah Bada dan Besoa. Di samping itu terdapat pula wisata budaya etnik lokal di lembah Napu dan Bada yang unik dan kaya dengan adat istiadat.

Lokasi Danau Tambing adalah bagian dari salah satu kawasan Taman Nasional di Indonesia.
Indahnya panorama alam, riuhnya kicau burung akan menyambut kita sesampainya di tepi Danau Tambing.Danau ini juga menjadi ladang pencaharian warga setempat. Para nelayan rimba mengail dan menjala ikan mujair dan juga belut di danau ini

Transportasi

Untuk perjalanan darat dapat ditempuh sekitar 3,5 jam dari Palu atau sekitar 1,5 jam dari Poso.

Akomodasi

Di Desa Wuasa yang terletak sangat dekat dengan Taman Nasional memiliki dua penginapan, Sendy dan Monalisa. Kedua tempat ini memiliki range harga antara 75 ribu sampai 100 ribu rupiah.

Tips

Sebaiknya untuk berkunjung ke sana di pagi hari. Itu waktunya burung-burung keluar dari sarang dan memperdengarkan nyanyian mereka yang indah.

Karena posisinya yang cukup tinggi, khususnya di daerah danau Tambing, sebaiknya memakai jaket tebal, karena cuacanya sangat dingin. Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup.

Cerita dalam foto Taman Nasional Lore Lindu :

http://www.indowisata.co/photo/panorama-kehidupan-flora-dan-fauna-di-taman-nasional-lore-lindu.html

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Ini Tips berburu tiket mural di Travel fair
15 Apr 2018 | 08:29:22
Meski ada banyak pameran wisata yang diselenggarakan, namun masih banyak traveler yang gagal untuk mendapatkan tiket murah di helatan itu.
Mau naik kapal pesiar, Ini tipsnya 10 Mar 2018 | 08:03:22
Back to top
Must Read
Wisata Sulawesi Tengah, Kepulauan Togean,taman laut, Pulau Malenge
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved