Pariwisata Bali Merugi Hingga Rp. 45 Miliar

Ditulis 11 Nov 2015 | 07:01:22
Pariwisata Bali Merugi Hingga Rp. 45 Miliar
Bandara Ngurah Rai (Foto : dok)

Denpasar (IndiTOURIST) – Erupsi Gunung Barujari di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebabkan kunjungan wisatawan ke Bali menurun.  Sektor pariwisata Bali mengalami imbas akibat gejolak alam tersebut.  Dinas Pariwisata Bali mencatat kerugian sekitar Rp. 45 miliar khusus sektor pariwisata.

"Kurang lebih hampir Rp45 miliar kerugian akibat buka tutup (bandara) ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Bali Agung Yuniartha. Dijelaskannya, sejak bandara dibuka tutup pada Selasa (3/11) pukul 19.30 Wita hingga Senin (9/11) pagi ada sekitar 25 ribu wisatawan mancanegara yang membatalkan kunjungan ke Bali. Akibatnya, pesanan hotel mereka pun dibatalkan.  Selain itu beberapa kegiatan internasional yang dijadwalkan berlangsung di Pulau Dewata selama kurun waktu itu juga dibatalkan.

"Pariwisata merugi secara menyeluruh. Ada pemesanan hotel yang sudah disiapkan, dibatalkan. Kurang lebih per hari kehilangan 1.500 dolar AS," katanya.

Selama penutupan bandara, sedikitnya 692 jadwal penerbangan domestik dan mancanegara dibatalkan dan mengakibatkan puluhan ribu calon penumpang telantar di Bali.

Sampai saat ini, maskapai penerbangan internasional seperti Jetstar dan Virgin Australia masih membatalkan penerbangan dari dan ke Bali meski bandara setempat sudah dibuka kembali.  Sementara penerbangan domestik dari Bali sudah beroperasi normal kecuali yang bertujuan ke Lombok karena Bandara Internasional Lombok masih ditutup. (k/ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Waspada dan Jaga Keluarga Saat Liburan Lebaran
28 Jun 2017 | 07:21:33
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol mengimbau masyarakat yang mengunjungi area rekreasi itu untuk saling menjaga anggota keluarganya agar tidak ...
Wisata Buat Manula 05 Aug 2016 | 01:19:01
Back to top
Must Read
wisata bali, pantai buleleng, keindahan ikan hias bali, pantai batu ampar, buleleng tourism, kuta tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved