Peluang bangkit UMKM Tanah Air

Ditulis 09 Nov 2021 | 07:19:21
Peluang bangkit UMKM Tanah Air

Medan (IndiTOURIST) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Uno menegaskan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peluang besar untuk bangkit setelah pandemi COVID-19 mereda.

"Data BPS mengungkapkan ada peluang kerja yang terbuka saat ini dan itu untuk serta diciptakan oleh UMKM," ujar Menparekraf Sandiaga Uno di Medan, Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan itu pada acara Pengembangan kata Kreatif Indonesia, Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif yang digelar Direktorat Infrastruktur Ekonomi Kreatif, Deputi bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Acara itu diikuti 35 UMKM dengan berbagai produk mulai dari kopi, jamu, tauco, martabak, keripik, dan ikan teri.

Di tengah pandemi COVID-19, lanjut dia, semua pengusaha, khususnya UMKM, dituntut untuk semakin kreatif khususnya dalam mempromosikan dan memasarkan produk.

"Acara Pengembangan Kata Kreatif Indonesia dan Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif diharapkan semakin mendorong UMKM untuk meningkatkan pemasaran produknya," kata Menparekraf Saniaga Uno.

Pemerintah sendiri, ujar dia, terus melakukan berbagai program termasuk memberi stimulus untuk UMKM agar bisa bangkit dan tambah berkembang di tengah masih ada pandemi COVID-19.

Stimulus Bangga Buatan Indonesia (BBI), lanjut dia, misalnya bisa dimanfaatkan UMKM

Stimulus BBI yang merupakan rangkaian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia diberikan pemerintah untuk mendorong peningkatan transaksi penjualan produk kreatif nasional, para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor fesyen, kriya dan kuliner di platform digital.  (ak/Ant)

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
festival sungai mahakam, wisata sungai kalimantan, kota samarinda, samarinda tourism, mahakam river festival
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved