Penerbangan domestik di Radin Inten akan gunakan e-Hac

Ditulis 06 Mar 2022 | 07:37:27
Penerbangan domestik di Radin Inten akan gunakan e-Hac

Bandar Lampung (IndiTOURIST) - Pengelola Bandara Radin Inten II Lampung mulai melakukan sosialisasi penggunaan Electronic Health Alert Card (e-HAC) kepada pengguna transportasi udara sebagai salah satu syarat penerbangan domestik.

"Saat ini masih dalam progres pelaksanaan sosialisasi kepada pengguna transportasi udara di Lampung," ujar EGM Bandara Radin Inten II Lampung, Muhammad Syahril, saat dihubungi di Bandarlampung.

Ia mengatakan, pemberlakuan e-HAC sebagai salah satu persyaratan penerbangan domestik bagi penumpang telah berlaku mulai Kamis (3/3).

"E-HAC ini akan menjadi satu dengan aplikasi PeduliLindungi sama seperti sebelumnya, namun penumpang memang diharuskan mengisi ini sebelum check in keberangkatan, atau sehari sebelum jadwal penerbangan," katanya.

Ia melanjutkan, penggunaan e-HAC tersebut bertujuan untuk memeriksa status kelayakan terbang bagi pengguna transportasi udara oleh petugas.

"Sama seperti sebelumnya hanya memindahkan yang sebelumnya diperiksa di kedatangan sekarang di keberangkatan agar tidak ada penumpukan juga," ucapnya.

Dia menjelaskan, meski telah diterapkan sejak saat ini, pihaknya masih akan memberlakukan tiga hari masa transisi dan sosialisasi penerapan e-HAC oleh pelaku perjalanan udara.

"Jadi tiga hari ini masih masa transisi, nantinya semua penumpang harus mengisi ini dahulu baru bisa masuk ke check-in counter. Diharapkan tidak ada kendala dalam penerapan e-HAC ini," katanya.

Menurut dia, untuk memberi informasi secara luas mengenai penerapan e-HAC pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dengan memanfaatkan kanal media sosial serta sosialisasi langsung oleh petugas yang ada di bandara.

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah memberlakukan aturan baru mengenai kewajiban pengisian e-HAC bagi perjalanan domestik sebagai syarat wajib perjalanan selama masa pandemi COVID-19 yang terintegrasi dalam aplikasi PeduliLindungi yang berlaku aktif mulai hari ini. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved