Jelang libur akhir tahun, penyeberangan ke Sabang naik

Ditulis 28 Dec 2020 | 09:09:22
Jelang libur akhir tahun, penyeberangan ke Sabang naik
Nol Kilometer (dok)

Banda Aceh (IndiTOURIST) - Penumpang kapal dari pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh menuju Kota Sabang mulai meningkat menjelang libur akhir tahun pada 24 sampai 27 Desember 2020.

"Iya penumpang dari pelabuhan mulai mengalami peningkatan sejak beberapa hari terakhir," kata Kepala Pelabuhan Ulee Lheue Adrian.

Adrian menyebutkan, pada tanggal 7 hingga 13 Desember 2020 jumlah penumpang dari Banda Aceh menuju Sabang sebanyak 5.399 orang. Kemudian, mulai terlihat adanya lonjakan penumpang mulai 14 sampai 20 Desember 2020 yakni sebanyak 7.984 orang.

Karena sudah terjadi lonjakan penumpang, kata Adrian, pihaknya terpaksa harus menambah kembali jadwal keberangkatan baik itu untuk kapal cepat maupun kapal lambat (feri) dari biasanya.

"Jadwal keberangkatan kapal lambat (normal dua kali) dan kapal cepat bertambah satu kali (normal empat kali) dalam satu hari," ujarnya.

Adrian memperkirakan, jumlah penumpang ke Sabang ini akan terus meningkat dalam beberapa hari ke depan mengingat adanya libur akhir tahun mulai 24 Desember 2020 mendatang.

"Kalau dilihat dari lonjakan penumpang dalam beberapa hari ini, akan ada kemungkinan penumpang terus bertambah," kata Adrian.

Namun, lanjut Adrian, para penumpang tetap harus memenuhi standar protokol kesehatan (prokes) sebelum diizinkan naik ke kapal, dan juga pengecekan suhu tubuh.

Nantinya, penumpang yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Aceh cukup menunjukkan surat kesehatan. Sedangkan wisatawan dari luar Aceh wajib membawa surat non reaktif berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test.

"Masih sesuai protokol kesehatan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, jika tidak memenuhi semua persyaratan itu tidak diizinkan berangkat," demikian ujar Adrian. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
Wisata aceh, pulau weh, Aceh tourism, weh island, pariwisata aceh, wisata NAD, NAD tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved