Perlu informasi satu pintu bagi wisman

Ditulis 13 Mar 2020 | 07:31:24
Perlu informasi satu pintu bagi wisman
Gedung Sapta Pesona (dok)

Jakarta (IndiTOURIST) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mendukung penyampaian informasi satu pintu terkait wabah Virus Corona baru atau COVID-19 agar masyarakat, termasuk wisatawan, mendapatkan informasi yang akurat, utuh, dan tidak simpang siur.

Dalam siaran persnya Wisnutama menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas penunjukan Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto sebagai juru bicara penanganan COVID-19.

“Pemerintah mempunyai pekerjaan rumah besar terkait public relation dan komunikasi yang menenangkan publik agar tidak ada informasi yang simpang siur dan rawan penyebaran hoaks yang meresahkan,” katanya.

Terlebih, kata Wishnutama, dunia pariwisata merupakan sektor yang sangat rentan terhadap isu, persepsi, dan informasi yang beredar. Oleh karena itu, komunikasi publik yang akurat dan satu pintu dinilainya sebagai solusi terbaik untuk kepentingan nasional.

“COVID-19 ini menjadi momentum bagi kita semua untuk berbenah, agar semua pihak lebih dewasa dan rasional menyikapi kondisi ini,” katanya.

Ia mengajak masyarakat untuk semakin cerdas mengolah informasi dan tidak seketika mempercayai informasi hoaks melainkan melakukan cek dan ricek. Sementara para pejabat publik disarankan memberikan pernyataan satu suara sehingga tidak membingungkan masyarakat.

Bahkan ke depan, khusus untuk isu strategis, penyataan resmi idealnya hanya melalui satu sumber yakni juru bicara atau pejabat yang ditunjuk secara resmi.

Pernyataan tersebut akan menjadi acuan semua pihak terkait sikap pemerintah secara resmi. Hal itu disebut Wishnutama akan menjadikan komunikasi ke publik berjalan secara lebih efektif.

“Semua informasi melalui jubir. Rakyat mendapatkan informasi yang utuh dan tidak pernah jadi kontroversi,” katanya.

Di balik itu, ia menyarankan semua pihak untuk terus melakukan koordinasi yang baik dan sinergi untuk mendukung kinerja jubir, termasuk kepada para ahli dan instansi terkait agar menyampaikan informasi dan data terkini, sehingga jubir bisa memberikan informasi dan edukasi yang akurat kepada masyarakat dengan informasi yang tidak simpang siur. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved