Pesawat badan besar bisa mendarat di Bandara Internasional Yogya

Ditulis 07 Okt 2019 | 08:18:28
Pesawat badan besar bisa mendarat di Bandara Internasional Yogya
Pesawat Besar (dok)

Kulon Progo (IndiTOURIST) - PT Angkasa Pura I membuka layanan penerbangan reguler baru di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan rute Cengkareng-YIA setiap Jumat dan Minggu dengan pesawat berbadan besar A330 Seri 200.

Pelaksana Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan, hari ini ada dua penerbangan YIA-Jakarta, dan Jakarta-YIA dengan pesawat Garuda.

Kebetulan hari ini merupakan penerbangan perdana untuk pesawat berbadan lebar, yakni A330 seri 200. "Nanti secara reguler setiap Jumat dan Minggu menggunakan pesawat berbadan lebar A330 seri 200 yang mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta," kata Agus Pandu.

Selain itu, lanjut Agus Pandu, sejak minggu lalu, ada penambahan penerbangan baru dari exiting yang ada seperti AirAsia ke Lombok, Batik Air, Citilink dua penerbangan ke Halim.

"Minggu kemarin Citilink membuka penerbangan baru ke Palembang (Sumatera Selatan) dan Kualanamu (Sumatera Utara), Pontianak. Lion Air ada 12 penerbangan. Total penerbangan yang ada di Kulon Progo ada 30 penerbangan," katanya.

Kemudian, fasilitas lain akan mengikuti, yakni fasilitas kereta api yang akan melayani penumpang yang akan ke YIA.

"Kami sudah koordinasi dengan Daop 6 untuk kesiapan kereta api. Kami belum mengetahui apakah sudah ada izin dari Kementerian Perhubungan, seandainnya sudah ada izin, tentu akan ada kereta yang akan turun di Stasiun Wojo," katanya.

Agus Pandu mengatakan pihaknya sudah mempublikasikan penambangan penerbangan, dan tambahan pesawat. Sehingga perlu adanya kereta yang berhenti di Stasiun Wojo untuk mendukung masyarakat pengguna jasa penerbangan yang lewat BIY.

Kemudian, moda transportasi darat lainnya, pihaknya juga sudah koordinasi dengan pengelola taksi untuk menambah jumlah armada. Dari 20 armada menjadi 40 armada. Kemudian angkutan khusus, yakni TOKP dan Putra Pala yang akan melayani pengguna jasa penerbangan yang lewat BIY.

"Armada pendukung BIY siap memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jasa penerbangan," katanya. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Pantai Manakara, Wisata Sulawesi Barat
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved