Promosi dan produktivitas UMKM didukung Kemenparekraf

Ditulis 08 Sep 2022 | 07:19:22
Promosi dan produktivitas UMKM didukung Kemenparekraf

Jakarta (IndiTOURIST) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung kegiatan promosi dan produktivitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam kunjungannya ke Sidoarjo, Jawa Timur.

Sandiaga tertarik dengan salah satu karya lokal dari Lilikari.id yang terbuat dari resin dan kayu. Guna meningkatkan produksinya, ia pun langsung menghampiri pemilik usaha untuk memberikan bantuan.

"Tadi, saya dengar ada banyak permintaan, tapi masih terkendala produksi. Maka dari itu, saya langsung gerak cepat memberi mesin pemotong kayu dan amplas untuk meningkatkan produksinya," katanya dalam keterangan tertulisnya.

Selain memberikan bantuan berupa alat produksi, ia juga membantu mempromosikan karya Lilikari.id bersama dengan penyanyi cilik Farel yang ikut hadir dalam acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di salah satu Mal di Sidoarjo itu.

Dia menilai AKI di Sidoarjo merupakan bentuk nyata untuk pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Sandiaga menyatakan pemerintah terus meningkatkan jumlah pelaku ekonomi kreatif untuk siap go-digital. Ditargetkan ada 20 juta UMKM yang terdigitalisasi di akhir 2023 dan onboarding di platform e-commerce, agar produk ekonomi kreatif Indonesia tidak hanya bisa go-nasional tapi juga go-internasional.

Ia mengajak pelaku ekonomi kreatif bergandengan tangan untuk menghadapi tantangan di depan mata.

Sementara itu, pemilik usaha Lilikari.id Rifat Almajid mengaku senang dan bangga karena produknya bisa dipromosikan oleh Sandiaga. Selain itu, Rifat juga berterima kasih atas bantuan alat produksi yang diberikan.

"Senang sekali kedatangan Pak Sandiaga, apalagi tadi dipromosikan dan dibantu alat produksinya. Semoga produksi kita bisa lebih banyak dan go international," ungkapnya.

Menurutnya, alat produksi itu sangat bermanfaat. Sebab, saat ini ia hanya mengandalkan alat manual yang hanya menghasilkan produk terbatas.

"Awalnya, tidak disangka akan diberikan alat produksi yang mahal, Alhamdulillah terima kasih. Dengan adanya mesin produksi, kita bisa lebih cepat menghasilkan produk," tambah Rifat. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved