Wisata Padang

Pulau Kecil nan Indah Itu Bernama Pasumpahan

Ditulis 22 Feb 2015 | 12:21:35
Pulau Kecil nan Indah Itu Bernama Pasumpahan
Nampak dari atas Pulau Pasumpahan (foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Di dekat Kota Padang, Sumatera Barat terdapat sebuah pulau kecil tak berpenghuni bernama Pasumpahan. Pulau ini terkenal di antara wisatawan akan keasrian alamnya. Kesannya yang terisolir, permukaan laut bening, terumbu karang yang masih terjaga, ditambah hamparan pasir putih dan nyiur nan hijau membuat Pasupahan destinasi wisata bagi Anda yang ingin menghindari hirup-pikuk kota.

Menurut folklore setempat, Pulau Pasumpahan merupakan latar belakang legenda Malin Kundang yang dikutuk ibunya menjadi batu. Konon, dipulau inilah Malin Kundang dikutuk menjadi batu. Setelah dikutuk tubuh Malin Kundang berubah menjadi batu di Pulau Pisang, Pantai Air Manih. Karena itulah ‘pasumpahan’ (disumpah) menjadi nama pulau ini.

Pulau Pasumpahan secara administratif masuk ke perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumbar. Ia berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai.

Daya Tarik

Saat mengunjungi Pasumpahan, lupakan sejenak rutinitas Anda dengan berjemur diatas pasirnya yang putih. Lalu Anda bisa snorkeling diantara ikan karang dan hias yang hidup di pulau ini. Arus air di sekitar pulau ini cukup tenang memungkinkan Anda untuk berenang mengelilingi pulau.

Air di Pasumpahan seperti terbagi tiga. Berwarna bening di pinggir, hijau di depannya, dan membiru pada bagian yang lebih tengah. Pada malam pasir ini jika kita aduk-aduk ke air akan mengeluarkan cahaya. Anda bisa mendirikan tenda di pulau ini dan menikmati berkemah di kedamaian surga tropis.

Jangan lupa untuk membawa kamera saat mendatangi Pasumpahan. Keindahan alam pulau ini sayang jika tidak Anda abadikan. Jika Anda memiliki kamera bawah air, disekitaran perairan pulau ini Anda bisa memotret red lionfish, penyu, serta berbagai ikan hias di habitat asli mereka.

Transportasi

Pulau Pasumpahan berada di daerah Pesisir Selatan Sumatera Barat, kurang-lebih 45 km dari Kota Padang. Dari pusat kota pertama-tama Anda menggunakan kendaraan bermotor ke arah Pelabuhan Bungus tepatnya Pantai Pisang. Jalan masuk ke pantai Pisang itu melalui gang setelah pangkalan Pertamina. Dari sini menggunakan sampan dengan harga Rpo 30 ribu pulang-pergi.

Pelabuhan Bungus juga dilalui angkutan umum dari Pasar Raya, Kota Padang. Ongkos Rp5.000, angkot biru 437 langsung ke jurusan Bungus.

Akomodasi

Pulau Pasumpahan tidak memiliki penginapan bagi wisatawan. Kebanyakan memilih untuk camping di tengah pulau dengan menggunakan tenda. Jika berkemah bukanlah selerea Anda, Di pelabuhan Bungus terdapat penginapan bernama Tin Tin Homestay yang menyediakan tur ke pulau-pulau terdekat, termasuk Pasumpahan dengan harga 250 ribu per orang.

Tips

Dikarenakan Pulau Pasumpahan adalah pulau yang tidak berpenghuni, jadi sebaiknya anda membawa bekal makanan dan minuman yang cukup khususnya jika Anda berkemah. Jagalah keasrian Pulau ini dengan tidak membuang sampah atau sisa makanan Anda sembarangan.

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved