Pulihkan wisata Bogor lewat Gerakan BISA

Ditulis 14 Sep 2020 | 07:47:21
Pulihkan wisata Bogor lewat Gerakan BISA
Kebun Raya (dok)

Jakarta (IndiTOURIST) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenarekraf/Baparekraf) menggelar Gerakan Bersih, Indah, Sehat dan Aman (BISA) di Bogor, Jawa Barat, sebagai salah satu upaya memulihkan pariwisata di wilayah tersebut.

Direktur Pengendalian Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Hasan Abud menjelaskan,  kegiatan yang difokuskan di Gunung Mas Bogor 10-11 September 2020 ini diinisiasi untuk menyiapkan destinasi wisata dalam memasuki masa adaptasi kebiasaan baru.

"Di masa pandemi, pariwisata sangat terdampak. Bisa dilihat dari banyaknya hotel dan destinasi pariwisata yang tutup. Kita semua mengharapkan agar pandemi ini segera berakhir agar sektor pariwisata dapat pulih seperti sediakala dan kita harus optimistis berhasil melalui masa pandemi ini. Karenanya, industri pariwisata harus bangkit kembali dengan menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.

Tak ada yang mengetahui kapan pandemi akan berakhir, katanya, namun semua pihak tidak boleh tinggal diam dan harus mempersiapkan diri.

"Penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menjadi kebiasaan baru agar kita dapat saling menjaga, sehingga penularan COVID-19 dapat dicegah," katanya. .

Untuk itu Kemenparekraf sudah menyiapkan berbagai hal mulai dari kebijakan dan program-program untuk mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif.

Gerakan BISA, ia melanjutkan, sebagai pedoman bagi wisatawan untuk melakukan wisata tanpa khawatir tertular COVID-19.

"Untuk itu dibutuhkan dukungan dari semua pihak agar kita sama-sama dapat membuat budaya bersih, indah, sehat dan aman, pada semua destinasi wisata, karena penting sekali bagi sektor ini untuk membangun kepercayaan wisatawan kembali," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Muliadi menambahkan dalam masa adaptasi kebiasaan baru, semua pihak harus mau mengubah kebiasaan.

“Gerakan BISA diharapkan mampu membangkitkan optimisme masyarakat untuk bersama-sama menyambut kembali kebangkitan pariwisata di Kabupaten Bogor," tuturnya.

Ia melanjutkan Gerakan BISA merupakan langkah konkret Kemenparekraf untuk mendorong perekonomian masyarakat agar pariwisata siap kembali menerima kunjungan wisatawan dengan disiplin penerapan protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu sekitar 100 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dilibatkan untuk melakukan bersih-bersih di taman, kebun teh, dan sekitar obyek wisata Mata Air Ciburial. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
Bandara Lombok, Wisatawan NTB, Wisata Lombok
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved