Riau Akan Gelar Festival Barongsai Internasional

Ditulis 12 Mar 2017 | 08:17:27
Riau Akan Gelar Festival Barongsai Internasional
Salah satu wisata di Riau, Istana Siak (dok)

Karimun, Kepri (IndiTOURIST) - Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, akan menggelar Festival Barongsai Internasional sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

"Festival ini akan digelar pada 24-25 Maret. Untuk tahap awal diikuti tiga negara yaitu Singapura, Indonesia, dan Malaysia. Sudah ada 10 tim dari Indonesia dan Singapura yang mendaftar," kata Kepala Seksi Atraksi Promosi Kerja Sama Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karimun Bennyyudishitira di Tanjung Balai Karimun, Jumat lalu.

Menurut Benny, Festival Barongsai Internasional merupakan agenda kepariwisataan yang diharapkan dapat mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan di daerah setempat.

Festival Barongsai, sebuah kesenian tarian singa khas Tionghoa. Panitia masih membuka pendaftaran baik untuk tim kesenian barongsai dari dalam negeri, dan Malaysia yang dijadwalkan turut meramaikan acara tersebut.

"Kalau memang belum pasti dari Malaysia, dengan 10 tim ini saja sebenarnya sudah bisa dilaksanakan," ungkapnya.

Festival Barongsai tersebut, menurut dia, juga akan diikuti Festival Reog sebagai bonus tambahan dalam memanjakan wisatawan yang berlibur sambil menikmati kesenian tradisional di Karimun.

Untuk Festival Reog, kata dia, Singapura juga sudah memastikan akan mengirimkan timnya untuk ambil bagian dalam kesenian khas Jawa itu.

Dia optimistis festival kebudayaan itu akan menjadi agenda tahunan karena memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, terutama dari Singapura dan Malaysia.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karimun Syuryaminsyah menjelaskan, Festival Barongsai Internasional yang baru perdana digelar juga didukung oleh Kementerian Pariwisata, sebagai salah satu agenda kepariwisataan di Karimun.

"Selama ini, atraksi Barongsai selalu dimainkan setiap perayaan Tahun Baru Imlek, dan kali ini kita kemas dalam sebuah festival yang menarik. Tim Barongsai dari Karimun dan daerah lain, termasuk dari negara jiran kita harapkan menampilkan kemahirannya dalam memainkan kesenian barongsai," kata Syuryaminsyah. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
wisata yogya, bus pariwisata domapan, yogyakarta tourism, malioboro tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved