RUU Kreatif akan payungi industri

Ditulis 09 Nov 2018 | 07:31:09
RUU Kreatif akan payungi industri
Kerajinan Bambu (dok)

Nusa Dua, Bali (IndiTOURIST) - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan Rancangan Undang-Undang tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, yang tengah dirancang, akan memayungi industri kreatif nasional.

“Kita maunya UU Ekraf sebagai payung, membantu mengatur kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan, apa yang perlu dikembangkan di subsektor itu,” katanya saat bincang bersama Shopee dan media terbatas pada ajang World Conference on Creative Economy 2018 di Nusa Dua beberapa waktu lalu. 

Ia menegaskan bahwa UU tersebut tidak akan memagari potensi kreatif yang akan menjadi sumber ekonomi ke depannya, namun akan mengatur pengembangan industri kreatifnya.

“Jadi, jangan sampai UU ini membatasi kita. Sebetulnya UU Pengembangan Ekraf, bukan mengatur orang berkreasi. Tapi, yang mengatur industrinya, bukan orangnya,” ungkap Triawan.

Menurut dia, peraturan pemerintah (PP) sebagai produk turunan UU tersebut akan mengatur setiap bidang ekonomi kreatif yang diunggulkan.

“Akan ada banyak PP, kemudian diturunkan lagi menadi peraturan menteri sesuai kebutuhannya,” ujarnya. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved