Sambut BVK 94 Negara, Asita Siap Tingkatkan Layanan

Ditulis 13 Nov 2015 | 09:11:34
Sambut BVK 94 Negara, Asita Siap Tingkatkan Layanan
Jam Gadang, Destinasi Andalan Bukittinggi (foto : Romli Rossi)

Padang (IndiTOURIST) – Adanya pemberlakuan bebas visa untuk wisatawan mancanegara (wisman) hingga 94 negara, menjadi tantangan tersendiri bagi Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) untuk terus meningkatkan layanan.  Hal ini diakui oleh Ketua Umum Asita Asnawi Bahar.

"Peningkatan pelayanan tersebut dilakukan karena adanya pemberlakuan bebas visa bagi 94 negara sehingga dapat menjadi pendorong meningkatnya kunjungan wisatawan," katanya.

Menurutnya, peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan berupa meningkatkan kualitas paket perjalanan untuk wisatawan agar mereka puas dan nyaman dalam memilih paket perjalanan.

"Peningkatan kualitas tersebut mencakup pengoptimalan berbagai komponen yang ada, seperti kepariwisataan yang mencakup perhotelan, restoran, transportasi, objek wisata, atraksi, pemandu wisata dan banyak lagi," jelasnya.

Diungkapkannya, nantinya akan dilakukan pula peningkatan manajemen sumber daya manusia (SDM) agar dapat memberikan pelayanan yang ramah dan baik kepada para wisatawan.

"Selain itu, koordinasi dengan pemangku kepentingan juga akan dimaksimalkan agar bersinergi dalam meningkatkan kualitas dan daya saing paket wisata dan SDM tersebut," lanjutnya.

Asnawi mengharapkan, semua upaya yang dilakukan tersebut dapat memberikan kepuasan dari berbagai segi komponen bagi para turis yang berkunjung.

Sementara itu, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat, Maulana Yusran, siap menghadapi penerapan kebijakan bebas visa yang berpeluang meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke provinsi itu.

"Kami menyambut baik kebijakan bebas visa yang diberlakukan mulai Juli 2015 karena selain akan meningkatkan kunjungan wisatwan juga berpengaruh pada tingkat hunian hotel," katanya.

Menurutnya, tingkat hunian hotel akan meningkat dengan kebijakan bebas visa dengan diikuti oleh pengembangan objek wisata di Sumbar.

"Pemerintah daerah diharapkan dapat mengembangkan objek wisata yang ada untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dan kebersihan lokasi wisata," ujarnya. (rin/ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Waspada dan Jaga Keluarga Saat Liburan Lebaran
28 Jun 2017 | 07:21:33
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol mengimbau masyarakat yang mengunjungi area rekreasi itu untuk saling menjaga anggota keluarganya agar tidak ...
Wisata Buat Manula 05 Aug 2016 | 01:19:01
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved