Sandi ke Belitung, tinjau Pengembangan Hutan sosial

Ditulis 07 Feb 2021 | 08:11:40
Sandi ke Belitung, tinjau Pengembangan Hutan sosial
Pantai Belitung (dok)

Belitung,Babel (IndiTOURIST) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau rencana pengembangan hutan sosial Hkm Desa Juru Seberang di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

"Hutan sosial kita rancang sebagai bentuk partisipasi masyarakat untuk memastikan sustainability atau keberlanjutan pariwisata," kata Menparekraf Sandiaga  Uno di Tanjung Pandan, Sabtu lalu.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan di Kabupaten Belitung ada dua kawasan yang akan dikembangkan menjadi kawasan hutan sosial yaitu Hkm Desa Juru Seberang dan Bukit Peramun.

Upaya pengembangan hutan melibatkan lintas sektor, di antaranya adalah Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marinves), serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sendiri.

"Kemenparekraf selalu memastikan setiap destinasi wisata berbasis kearifan lokal serta kelestarian alamnya," ujar Sandiaga Uno

Melalui pengembangan hutan sosial, kata diam akan menjadikan sebuah destinasi menjadi objek wisata unggulan dengan banyak keindahan yang bisa ditawarkan kepada pengunjung.

"Dan saya berharap di tengah-tengah COVID-19 ini menjadi jenis pariwisata dan ekonomi kreatif yang bisa diunggulkan," kata Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno mendorong agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung sesegera mungkin menyusun rancangan pengembangan hutan sosial tersebut.

"Kami ingin menjadikan Belitung road map bagi wilayah lain di Provinsi Babel maka semoga penyusunan Maret ini bisa selesai dan nanti segera diluncurkan," ujar Menparekraf Saniaga Uno. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
Wisata bangka barat, wisata muntok, tempat pengasingan bung karno, bangka barat tourism, muntok tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved