Kab Puncak, Papua

Segera Berbenah, Siapkan Destinasi Wisata Pegunungan

Ditulis 12 Okt 2017 | 08:56:21
Segera Berbenah, Siapkan Destinasi Wisata Pegunungan

Timika, Papua (IndiTOURIST) - Pemerintah Kabupaten Puncak, Provinsi Papua sedang menyiapkan sumber daya manusia (SDM) guna mendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah pegunungan tersebut.

"Kami mengirim sejumlah warga untuk mendapatkan pelatihan di berbagai bidang yang berguna dalam rangka mendukung promosi dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Puncak," kata Kepala Bidang Informasi dan Promosi Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Puncak, Roni Misikmbo.

Menurut dia, kabupaten yang baru dibentuk pada sembilan tahun silam tersebut memiliki banyak keunikan alam yang sangat menarik dan berpotensi dikembangkan menjadi lokasi wisata, salah satunya adalah Cartensz yang merupakan salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia yang dikenal dengan "seven summit".

"SDM yang kami siapkan nantinya diharapkan dapat membuat promosi wisata dalam berbagai bentuk media. Karenanya kami sekolahkan mereka di bidang desain grafis dan melatih kemampuan Bahasa Inggris," ujar Roni, seraya menambahkan bahwa pelatihan-pelatihan tersebut sejalan dengan perkembangan teknologi internet yang sangat membantu masyarakat dalam menyebarkan informasi ke seluruh dunia.

Dia berharap pelatihan SDM di bidang pariwisata tersebut akan mempercepat pengembangan sektor wisata di Kabupaten Puncak yang berada pada ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut itu.

Namun demikian, Roni mengakui bahwa tantangan terbesar dalam pembangunan di Papua, khususnya di daerah pegunungan adalah masih kurangnya infrastruktur transportasi yang memadai.

"Selama ini untuk menjangkau Kabupaten Puncak, kami mengandalkan pesawat terbang yang berangkat dari Timika atau Nabire. Tapi itu pun sangat terbatas karena selain jumlah armada yang masih kurang, penerbangan di pegunungan Papua sangat bergantung kondisi cuaca yang sering berubah setiap saat," jelas Roni.

Karenanya, dia mengundang berbagai pihak, termasuk para pengusaha, untuk berinvestasi di Kabupaten Puncak. "Pembangunan tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, atau masyarakat saja, namun kita harus berjalan bersama-sama," tegasnya. (ak/Ant)

Komentar
kemenpar pesona indonesia
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Waspada dan Jaga Keluarga Saat Liburan Lebaran
28 Jun 2017 | 07:21:33
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol mengimbau masyarakat yang mengunjungi area rekreasi itu untuk saling menjaga anggota keluarganya agar tidak ...
Wisata Buat Manula 05 Aug 2016 | 01:19:01
Back to top
Must Read
Festival Bahari Raja Ampat, wisata raja ampat, raja ampat tourism, indonesian tourism, papua tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved