Sehari berkunjung ke wisata Banten

Ditulis 20 May 2019 | 09:02:19
Sehari berkunjung ke wisata Banten
Masjid Raya Albantani

Banten (IndiTOURIST) – Bicara destinasi wisata, Banten tak bisa dilepaskan begitu saja.  Propinsi pecahan dari wilayah Jawa Barat ini punya seabrek destinasi wisata yang sangat merakyat dan murah meriah.

Berkeliing wisata Banten datk cukup sehari.  Hal ini mengingat wilayahnya yang cukup luas dan tentu saja terkendala kemacetan imbas sebagai wilayah penopang ibukota.

Tim IndiTOURIST dan IndoTelko Group berkesempatan berkeliing wisata Banten selama sehari.  Target yang kami bidik adalah kawasan yang dekat dengan ibukota Propinsi Banten, Serang.

Ada tiga destinasi wisata yang kami kunjungi.  Ketiganya menjadi kawasan paling ramai di pusat pemerintahan Propinsi Banten, Serang dan Cilegon.

Masjid Raya Albantani

Saat pertama kami masuk ke kota Serang, kami langsung menuju pusat keramaian dan destinasi wisata pertama, Masjid Raya Albantani. Ini adalah destinasi wisata religi bagi masyarakat Banten dan sekitarnya, dan juga masyarakat/wisatawan luar Banten.

Masjid yang dibangun di era pemerintahan Gubernur Ratu Atut Chosiyah ini merupakan masjid terbesar dan termewah di Propinsi Banten.  Terletak di kawasan Pusat Perkantoran Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Jalan KP3B-Palima, Kecamatan Curug, Sukajaya, Serang. Posisinya berada persis di pusat pemerintahan Pemda Propinsi Banten.

Ornamen bangunan masjid ini nampak mahal dan megah.  Kemegahan dan keindahan masjid ini, menjadikannya sebagai destinasi wisata religi yang sayang untuk di lewatkan.  Arsitekturnya sangat menarik, terutama di bagian atap dengan memadukan atap limas bersusun dengan kubahnya yang besar seperti halnya masjid modern.

Tampilan menaranya yang bersusun tiga, membuat masjid tersebut tampil sangat mewah.  Warna dinding bagian luar yang terkesan kalem membuat siapa saja yang berkunjung ke masjid ini terasa betah berlama-lama.

Kala kami berkunjung ke sini, banyak sekali spot-spot foto yang bisa jadi target selfie atau swa foto.  Tak perlu khawatir untuk bisa terkoneksi internet untuk menguploadnya ke dunia maya. Kekuatan speed data Smartfren jadi andalan.  Sinyalnya 4G bahkan kerap 4G+ dengan indikator sinyal yang fullbar.

Kami sempat mengukur speed data Smartfren di kawasan ini.  Ada dua hasil tertinggi yang bisa dijadikan rujukan dan bukti bahwa Smartfren di kawasan ini sangat bisa diandalkan.

Proses pengujian dengan Speedtest menghasilkan angka unduh tertinggi sebesar 7,63 Mbps dan 7,06 Mbps.  Digunakan untuk memutar video di Youtube atau memutar film lewat layanan HOOQ berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Begitu pula saat pengujian dengan nPerf.  Hasil uji tertinggi dengan nPerf menunjukkan kekuatan unduh Smartfren berada di angka 10,32 Mbps, upload 1,55 Mbps, latency 45 ms.  Sementara kemampuan browsernya di angka 50,08%, streaming 84,59%, dan Skor akhir 34812 nPoints.

Pelabuhan Merak

Setelah melepas lelah sekaligus melakukan sholat zuhur, kami melanjutkan perjalanan ke kawasan pelabuhan Merak.

Kami menjadikan Pelabuhan Merak sebagai destinasi wisata.  Walaupun statusnya sebagai pelabuhan, namun kawasan ini juga sebagai destinasi wisata edukasi bagi anak-anak bahkan orang dewasa.

Pengunjung  dan wisatawan bisa melihat bagaimana proses kapal Ferry mengangkut penumpang, mulai dari pertama kali bersandar, penumpang naik, kapal berangkat, hingga kembali merapat di pelabuhan dan membongkar muat.  Tak hanya sekedar membaca dan membayangkan serta melihat nya di televisi atau youtube saja, berkunjung langsung dan merasakan nya, bisa jadi pilihan.

Ditambah lagi keberadaan dermaga 6 sebagai dermaga eksekutif yang tampil bak sebuah pusat perbelanjaan alias mall.  Di sini terdapat tenant-tenant layaknya sebuah mall dan cafe yang menjual makanan dan minuman serta produk-produk branded. Anda bisa ngopi-ngopi dan berkeliing dermaga ini sambil melihat proses bongkar muat kapal.

Lagi-lagi urusan koneksi internet bukan masalah.  Smartfren tetap menjadi pilihan. Selain jaringan 4G plusnya yang manteng terus, kekuatan unduhnya sangat cepat.  Kecepatan downloadnya dengan aplikasi Speedtest mencapai angka 16,7 Mbps.  Beberapa kali kami melakukan pengujian, dua hasil terbaik menunjukkan kekuatan unduh Smartfren di angka 8,88 Mbps dan 16,7 Mbps.

Juga saat pengujian dengan aplikasi nPerf, kekuatan download Smartfren di angka 20,78, upload 11,35, latency 39 ms.  Kekuatan browser Smartfren di area ini ada di angka 56,33% dan streamingnya di angka 87,19%.  Sementara skor akhir tertinggi ada di angka 59410 nPoints.  Sebuah kecepatan yang sangat bisa diandalkan.

Pantai Anyer

Tak jauh dari pelabuhan Merak, kita bisa langsung menuju wisata pantai lainnya, pantai Anyer dan Carita.

Pesona Krakatau Hotel dan Cottage jadi destinasi wisata yang kami singgahi. Kami menyebutnya pantai Pesona Krakatau lantaran pantai ini berada di kawasan area Hotel dan Cottage Pesona Krakatau.

Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai aktifitas yang bisa dinikmati di destinasi wisata ini.   Pantai yang landai dengan aneka permainan pantai bisa dipilih para pengunjung yang datang ke sini.  Wisata air nya pun cukup lengkap.  Ada jet sky, banana both, dan lain sebagainya. Pun untuk bermain bola kaki di pantai, pihak pengelola sudah menyediakan tiang gawang mini sebagai penunjang.

Pilihan spot-spot foto pun dapat dengan mudah dijumpai.  Termasuk mengupload hasil foto dan video ke jejaring sosial, tidak ada masalah dan kendala berarti. Dukungan koneksi internet dari Smartfren dengan tebaran sinyal 4G nya sangat bisa diandalkan. Rata-rata kekuatan unduh Smartfren di kawasan ini berada di atas 15 Mbps bahkan tembus di 20 Mbps.

Tim IndiTOURIST dan IndoTelko Group melakukan pengujian di kawasan ini.  Dua aplikasi uji yang kami gunakan menghasilkan angka speed unduh yang sangat memuaskan.  Pengujian dengan Speedtest menghasilkan dua kekuatan unduh tertinggi yakni 20,8 Mbps dan 22,5 Mbps.  Pun kekuatan uploadnya terlihat merata dengan angka 5,62 Mbps dan 5,64 Mbps.

Begitu pula aplikasi nPerf menunjukkan hasil yang tak jaug berbeda.  Speed unduhnya dari dua hasil tertinggi lewat beberapa pengujian menunjukkan kekuatan sedot data Smartfren ada di angka 21,24 Mbps dan 17,60 Mbps.  Sementara uploadnya ada di angka 6,10 Mbps dan 4,32 Mbps dengan latency 39 ms dan 41 ms.  Browser dan streamingnya juga sangat bisa diandalkan. Dua pengujian menunjukkan kekuatan browsernya di angka 54,32% dan 51,65% sementara streamingnya di angka 85,99% dan 84,89%.  Poin akhir atau skor akhir nya di angka 53818 nPoints dan 48590 nPoints. (sg)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Wisata Ambon, Ambon Manise, Wisata Maluku, Wisata Maluku Utara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved