Pantai Sulawesi Selatan

Selayar, Pulau Kecil Yang Belum Terjamah

Ditulis 03 Feb 2015 | 15:00:21
Selayar, Pulau Kecil Yang Belum Terjamah
Keindahan Pulau Selayar (Foto : Dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Tersembunyi di Sulawesi Selatan, Pulau Selayar sampai saat ini tetap menjadi potongan surga tropis bagi Anda yang menginginkan kedamaian. Akses yang rumit dan minimnya jadwal penerbangan ke daerah ini membuat Pulau Selayar kurang populer. Namun siapa sangka berkat namanya yang belum seterkenal, katakanlah Bali, Lombok, bahkan Raja Ampat, pantai-pantai di pulau ini tetap asri dan terjaga.

Secara geografis, Pulau Selayar merupakan salah satu pulau yang terpisah dari daratan Sulawesi Selatan dengan luas sekitar 2000 km2 yang membentang dari utara ke selatan antara Pulau Sulawesi dan Pulau Takabonerate.

Daya Tarik

Membentang sepanjang 3 KM, Pantai Baloiya akan membuat Anda tertegun dengan pasir putih nan indah. Uniknya, jika beruntung Anda dapat melihat celeng dan Tarsius fauna endemik tubuh berwarna coklat kemerahan dengan warna kulit kelabu, bermata besar dengan telinga menghadap ke depan dan memiliki bentuk yang lebar di hutan dekat pantai.

Tidak lengkap jika Anda belum snorkeling bersama ikan-ikan kecil, penyu dan menjelajah terumbu karang, sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan sepanjang hidup Anda.

Pulau Selayar tidak hanya menawarkan wisata maritim. Gendang Dongson merupakan peninggalan dari zaman perunggu yang digali pada abad ke-17. Dengan tinggi 95 cm berdiameter 115 cm, Gendang ini dikatakan yang terbesar di dunia.

Selain Gendang Dongson, ada juga museum dan jangkar raksasa yang terdapat di Pantai Padang. Jangkar ini merupakan jangkar kapal besar asal Cina milik saudagar kaya bernama Gowa Liong Hui yang pernah singgah ke pulau ini.

Transportasi

Untuk mencapai Pulau Selayar memakan waktu sekitar 10 jam dari kota Makasar. Dimulai dari kota Makasar, Anda harus melakukan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Bira kurang lebih selama 6 jam. Kemudian dilanjutkan dengan menaiki kapal ferry selama 4-5 jam menuju Pelabuhan Pamatata.

Akomodasi

Jika Anda datang ke Selayar untuk menyelam, tidak salah untuk mendatangi Selayar Diver Resort. Tempat ini menawarkan cottage dan fasilitas bagi penyelam. Selayar juga memiliki beberapa cottage dan resort lain yang dapat menjadi pilihan penginapan Anda.

Kuliner

Kuliner khas di Selayar salah satunya adalah nasi santan dan ikan bakar. Menu ini disajikan bersama sambal belimbing wuluh yang rasanya asam pedas.

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
bandara radin inten II, wisata lampung, pantai kiluan, way kambas
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved