Telkomsel

Tak hanya istana, Siak juga punya "Sungai Bersejarah"

Ditulis 21 Aug 2021 | 05:21:11
Tak hanya istana, Siak juga punya

SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ini memiliki luas 8.556,09 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 457.940 jiwa per 2020 lalu.

Terkenal dengan wisata sejarahnya dengan andalan kerajaan Siak berikut istananya, ternyata diam-diam Siak juga punya andalan wisata edukasi, wisata mangrove. Adalah wisata Edukasi Mangrove Sungai Bersejarah atau lebih dikenal MSB yang berdomisili di Kampung Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit. (Baca juga : Istana Siak, Saksi Bisu Sejarah).

Bagi anda yang berkunjung ke Siak, tak lengkap rasanya bila belum berswa foto di kawasan Sungai Bersejarah yang diresmikan oleh istri Gubernur Riau, Misnarni Syamsuar sekaligus  bertepatan dengan kegiatan Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE) untuk wilayah Riau yang dipusatkan lokasi Objek wisata ini tahun 2019 lalu ini.

Hutan mangrove
Wisata Mangrove Sungai Bersejarah (MSB) yang semula hanya hutan mangrove biasa disulap menjadi objek wisata oleh sekolompok pemuda Kampung Kayu Ara Permai yang menamai dirinya Kelompok Konservasi Laskar Mandiri.

Objek wisata ini mulai dirintis oleh kelompok Laskar Mandiri ditahun 2017.  Diawali dengan pembangunan trek (Jembatan) sebagai akses untuk menulusuri hutan mangrove secara swadaya yang memanfaatkan pohon bambu.

Setahun kemudian, usai Kampung Kayu Ara Permai melakukan pemilihan kepala Kampung (Kepala Desa) kelompok Laskar mandiri pun dengan cepat membaca peluang, mereka malakukan usulan kepada penghulu terpilih Abdul Razak untuk melanjutkan pembangunan trek  yang semulanya swadaya. Alhamdulillah usulan langsung ditanggapi dan langsung bisa direalisasikan diakhir tahun 2018 sepanjang 250 meter + 3 Pondopo.

Tak puas sampai di situ, kelompok pemuda ini kembali meminta kepada Abdul Razak agar kegiatan pembangunan bisa dikerjakan oleh kelompok secara swakelola dengan alasan agar pekerjaan lebih maksimal.

Alhasil, dengan dilakukan swakelola oleh kelompok dari awalnya trek 250 meter + Pondopo 3 akhirnya kelompok bisa membangun trek sepanjang 450 meter + 6 Pondopo.

Kelompok Konservasi Laskar Mandiri ini terus melakukan pengembangan tempat wisata sekaligus bersamaan dengan kegiatan-kegiatan Konservasi. Usaha kelompok pemuda ini pun diganjar penghargaan Setia Lestari Bumi dari Gubernur dengan Katagori Penyelamat Lingkungan tahun 2020 lalu.  

Kini objek wisata ini telah memiliki fasilitas pendukung seperti Aula pertemuan, Mushola, MCK yang dibangun permanen didalam hutan bakau yang luasanya lebih kurang 30 hektar, usai diresmilkan istri gubernur Riau Misnarni Syamsuar tahun 2019.  Penasaran dengan keindahan destinasi wisata MBS ini? Jangan lupa sempatkan apabila anda berunjung ke Siak.  (WaOne)

Berikut penampakan destinas wisata Mangrove Sungai Bersejarah.

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
Wisata aceh, pulau weh, Aceh tourism, weh island, pariwisata aceh, wisata NAD, NAD tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved