Sinyal Selular di Destinasi Wisata Lampung

Ditulis 05 Aug 2017 | 08:32:55
Sinyal Selular di Destinasi Wisata Lampung
Bukit Randu Lampung (Tono)

BANDAR LAMPUNG (IndiTOURIST) – Komitmen lima operator penyedia layanan telekomunikasi di Tanah Air untuk memberikan layanan terbaiknya terbukti di Propinsi Lampung.  Lima operator yang beroperasi, antara lain : Indosat, Smartfren, Telkomsel, Tri, dan XL semuanya sudah menebar kekuatan akses data andalannya, broadband alias LTE alias 4G.

Bahkan komitmen turut membangun negeri ala-ala operator pun dibuktikan dengan akses broadband di beberapa kawasan destinasi wisata.  Tak kurang 7 detinasi wisata di negeri Sai Bumi Ruwa Jurai ini sudah bisa menikmati layanan akses data baik 3G hingga 4G.  Ketujuh destinasi wisata tersebut antara lain Pantai Mutun, Pantai Klara, Teluk Kiluan, Puncak Mas Bandar Lampung, Pantai Pasir Putih, Kalianda resort, dan Pelabuhan Bakauheni. 

Sebagaimana yang dikatakan Manager Network Service Telkomsel wilayah Lampung, Tengku Erfansyah.  Menurutnya, Telkomsel berkomitmen mendukung sektor pariwisata di wilayah Lampung.  Hal ini ditunjukkan dengan makin melebarnya coverage area operator plat merah ini hingga destinasi wisata di daerah terpencil yang notabene minim energi listrik sebagaimana kawasan wisata Teluk Kiluan.

“Jaringan Telkomsel di wilayah destinasi wisata di Lampung sudah cukup luas.  Update terakhir saat musim mudik lebaran lalu, coverage area Telkomsel khususnya teknologi broadband sudah mencakup wilayah Pantai Pasir Putih di pinggiran kota Bandar Lampung hingga ke pintu gerbang Propinsi Lampung yakni Pelabuhan Bakauheni,” kata Ervan kepada IndoTelko saat dijumpai di kantornya kawasan Palapa Bandar Lampung. 

Erfan bahkan memaparkan hasil uji jaringan kala musim mudik lalu di penyeberangan Merak-Bakauheni.  Coverage broadband Telkomsel terbilang stabil dan merata.  “Pelanggan Telkomsel yang melakukan perjalanan menyeberangi Selat Sunda akan terus terhubung dengan akses internet super cepat,” tambahnya.

Ngebut di Bukit Randu

Pun di Bukit Randu.  Lokasi ini adalah nama sebuah hotel dan restaurant di Bandar Lampung yang berada di atas bukit.  Bukit ini dahulunya di kenal sebagai kawasan umbul kapuk.  Pihak pengelola hotel juga menyediakan spot untuk para tamu melihat keindahan kota Bandar Lampung dari atas ketinggian bukit.

Uniknya, pihak pengelola hotel tidak membatasi pengunjung non tamu yang bermalam di hotel tersebut untuk turut menikmati fasilitas ini.  Tak jarang kendaraan yang naik dan parkir di kawasan hotel hanya sekedar berkunjung melihat keindahan kota sekaligus berselfi ria. 

Selain dimanjakan dengan spot foto yang cukup menakjubkan, pengunjung pun bisa langsung mengakses jejaring sosial untuk meng-update aktifitasnya.  Di sinilah peran operator penyedia layanan telekomunikasi diuji.

Di area sekitar hotel pun berdiri beberapa menara yang di atasnya menempel berbagai BTS dari seluruh operator.  Ini pulalah yang membuat hasil pengujian yang kami lakukan cukup maksimal.  Kekuatan jaringan operator di sini paling joss.  Tiga operator bahkan punya kekuatan akses data di atas 20 Mbps. 

Hanya dua operator yakni Indosat dan Smartfren yang terbilang kurang maksimal menebar jaringan 4G nya.  Akses data keduanya hanya di bawah 10 Mbps.  Bahkan Smartfren berada di bawah angka 3 Mbps dengan kekuatan tercatat sebesar 2,68 Mbps.  Sementara Indosat mencapai titik maksimal 6,74 Mbps untuk akses unduhnya dan 13,61 Mbps untuk kekuatan upload. 

Keindahan Bukit Randu dan Kalianda Resort

Tiga Operator Berjaya

Di tempat yang sama, kekuatan tiga operator lainnya yakni Tri, XL, dan Telkomsel saling unjuk kekuatan.  Tri misalnya.  Sinyal yang terdeteksi adalah 4G dengan akses unduh berkecepatan hingga 21,94 Mbps dan upload mencapai kekuatan 14,66 Mbps.  Sementara XL ada diangka unduh 25,89 Mbps dan upload hingga 22,06 Mbps. 

Sedangkan Telkomsel punya kekuatan jauh di atas 4 operator lainnya terutama di kekuatan unduhnya. Kekuatan download Telkomsel mencapai angka 68,69 Mbps.  Namun Telkomsel sangat lemah di akses uploadnya yang hanya di angka maksimal 5,79 Mbps.

Begitu pula saat pengujian bergeser ke kawasan masjid Al Furqon.  Area ini merupakan tempat anak muda berkumpul saat waktu libur, misalkan Sabtu malam.  Di pelataran masjid, pengunjung bisa melihat pantai di kawasan teluk Lampung.  Ini pula yang menyebabkan kawasan ibadah dan lebih dikenal dengan perempatan kantor Walikota menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat sekitar. 

Kekuatan jaringan operator di area masjid Al Furqon berbanding terbalik dengan hasil uji di kawasan Bukit Randu.  Meski sama-sama berada di ketinggian, hasil uji di masjid ini boleh dibilang milik Tri dan Telkomsel saja.  Tri pun hanya punya kekuatan maksimal unduh sebesar 6 Mbps.  Sementara Telkomsel  ada di angka 16 Mbps untuk mesin ukur Speedtest, dan 24 Mbps menggunakan aplikasi pengukur Sensorly.  Sedangkan tiga operator lainnya hadir dengan sinyal kurang maksimal dan berdampak pada hasil ujinya.  (sg)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Waspada dan Jaga Keluarga Saat Liburan Lebaran
28 Jun 2017 | 07:21:33
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol mengimbau masyarakat yang mengunjungi area rekreasi itu untuk saling menjaga anggota keluarganya agar tidak ...
Wisata Buat Manula 05 Aug 2016 | 01:19:01
Back to top
Must Read
Wisata Lampung, Pasir Putih, Wisata Serambi Sumatera
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved