Wisata Indonesia

Tagline Great, Plus 400 Miliar Tahun Depan

Ditulis 23 Dec 2014 | 08:54:27
Tagline Great, Plus 400 Miliar Tahun Depan
Gunung Rinjani, Salah Satu Daerah Wisata Indonesia

Jakarta (indiTOURIST) - Presiden Joko Widodo menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun depan meningkat 10 juta pengunjung.  Target ini dianggap sangat realistis oleh Jokowi yang membandingkan dengan kunjungan wisatawan di Malaysia yang mencapai 24 juta setahun.

Guna mencapai target tersebut, Kementerian Pariwisata mengalokasikan anggaran sebesar Rp 400 miliar.  Menurut Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata, Esthy Reko Astuti, anggaran sebesar itu sudah termasuk pembayaran gaji pegawai Ditjen pemasaran yang berjumlah sekitar 250 orang dan juga event-event yang diselenggarakan oleh kementeriannya.  Dikatakan Esthy, biar anggaran tersebut tergolong kecil  ia optimis memadai untuk mencapai target yang dicanangkan. "Saya kira sudah cukup memadai karena benchmark biaya promosi wisata untuk per kepala dari beberapa negara adalah sekitar US$ 4-15," katanya.

Dijelaskan Esthy, Kementerian Pariwisata tetap akan memberi prioritas pemasaran di empat destinasi wisata Tanah Air yang banyak dikunjungi seperti Bali, Jakarta, Batam, dan Yogyakarta. Guna membuat wisatawan tertarik dengan destinasi wisata di Indonesia, pihaknya akan menambah tagline "Great" di depan setiap kota yang jadi destinasi. "Prioritas promosi pariwisata akan difokuskan pada destinasi yang jumlah kunjungannya terbanyak, seperti Great Bali, Great Jakarta, Great Batam, dan Great Yogyakarta," jelasnya.

Menyinggung produk wisata yang akan dikembangkan oleh Kemenpar, Esthy menjelaskan bahwa wisata belanja dan kuliner, sejarah dan religi, wisata bahari, Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition (MICE), dan olahraga menjadi focus utama yang akan dikembangkan. "Kami akan mempromosikan pariwisata ke negara-negara yang memiliki kunjungan tertinggi ke Indonesia seperti Singapura, Malaysia, Australia, Tiongkok, dan Jepang,” tambahnya.

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved