Tahun 2017, Radin Intan II Jadi Bandara Internasional

Ditulis 16 Okt 2015 | 11:03:13
Tahun 2017, Radin Intan II Jadi Bandara Internasional
Tampak Muka Bandara Radin Inten II (foto : sg)

Bandar Lampung (IndiTOURIST) – Bandara Raden Inten II bakal menjadi bandara Internasional pada tahun 2017.  Ini merupakan target yang ditetapkan Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi Lampung.

Menurut Asisten I Sekprov Lampung Rifki Wiryawan, untuk mewujudkan hal tersebut harus dilakukan perluasan landasan pacu.  "Kita mengadakan perluasan, dan telah dimulai beberapa tahun lalu, disempurnakan pada 2015. Kita akan meningkatkan landasan pacu dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter supaya pesawat berbadan lebar bisa masuk," katanya.

Karena itu, lanjut Rifki, dibutuhkan lahan seluas 78 hektare dan pembebasannya dilakukan dalam dua tahap.

Penambahan landasan pacu tersebut merupakan prasyarat mutlak, agar dapat didarati pesawat jenis Airbus yang banyak digunakan sebagai armada angkutan internasional.

Saat ini perluasan bandara sudah memasuki tahapan konsultasi publik. Perluasan lahan akan dilakukan di tujuh desa di Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Pembebasan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dibebaskan seluas 36 hektare pada 2015 ini dan 42 hektare pada tahun 2016, dan hingga kini mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

Upaya meningkatkan status Bandara Radin Inten II menjadi bandara internasional sudah dilakukan Pemprov Lampung selama sepuluh tahun terakhir, namun baru mendapat sinyal positif dari Kemenhub pada tahun 2015.

Salah satu tujuan peningkatan status bandara tersebut adalah menjadikan Lampung sebagai embarkasi haji.  (rin/ant)

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved