Tahun Depan Anggaran Promosi Pariwisata Sulsel 3 Kali Lipat

Ditulis 01 Okt 2015 | 12:02:15
Tahun Depan Anggaran Promosi Pariwisata Sulsel 3 Kali Lipat
Tana Toraja, Salah Satu Destinasi (foto : dok)

Makassar (IndiTOURIST) – Anggaran promosi pariwisata tahun ini yang hanya sebesar Rp. 10 miliar, akan ditambah hingga tiga kali lipat tahun depan.  Hal ini dikatakan Menteri Pariwisata Arief Yahya seusai membuka Seminar Pariwisata bertema "Memajukan Industri Pariwisata di Timur Indonesia" yang diselenggarakan oleh KOJI Communications, Sucofindo dan PHRI Sulsel, di Makassar, Selasa (29/9/15).  "Tahun ini untuk Sulsel Rp 10 miliar, untuk tahun depan bisa lebih tiga kali lipat, lebih dari Rp 30 miliar," tegasnya.

Anggaran promosi tersebut, menurut Arief, akan lebih banyak diarahkan pada tiga destinasi wisata utama di Sulsel, yaitu Toraja, Taka Bonerate, dan Rammang-Rammang. "Ini sesuai dengan permintaan gubernur," katanya. Selain promosi, lanjut Arief, tahun depan pihaknya juga akan membuatkan rencana induk pengembangan pariwisata di tiga destinasi tersebut. (baca juga : Misteri di Balik Tana Toraja)

Dengan memiliki rencana induk pengembangan pariwisata, nantinya akan lebih memudahkan untuk mencari investor dan membangun infrastruktur ke lokasi tersebut.

Ia memaparkan, Kemenpar telah menetapkan strategi untuk pengembangan daerah pariwisata yaitu dengan mengedepankan infrastruktur. "Kalau infrastruktur siap baru kita akan membangun pariwisata di situ, karena kita tahu pariwisata itu bukan kebutuhan dasar," ujarnya.

Menanggapi hal ini, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyambut positif dukungan Menpar Arief Yahya terhadap pengembangan pariwisata Sulsel. "Saya sangat senang mendengar apa yang disampaikan oleh Pak Menteri. Kementerian Pariwisata memberikan program-program dan dukungan yang jelas untuk pengembangan wisata di daerah," kata Syahrul.  Ia melanjutkan, apa yang baru saja disampaikan oleh Menpar adalah sesuatu yang memang dibutuhkan oleh daerah.

Syahrul menambahkan, pihaknya akan memaksimalkan dukungan anggaran yang diberikan sehingga benar-benar dapat mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di Sulsel.  (rr/ant)

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
wisata yogya, bus pariwisata domapan, yogyakarta tourism, malioboro tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved