Taman Safari Bogor

Taman Safari, Tampil Lebih Alami

Ditulis 23 Dec 2014 | 22:32:27
Taman Safari, Tampil Lebih Alami
Salah Satu Hiburan Pengunjung
Latar Belakang dan Sejarah

Ingin lebih dekat dengan beragam fauna dari pelbagai belahan dunia? Kalau ya, Taman Safari Bogor tidak boleh terlewatkan. Kebun Binatang modern ini terletak di kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Keunikan tempat wisata ini dari kebun binatang lainnya di Indonesia adalah pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari.

Dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan teh yang sudah tidak produktif lagi seluas 50 hektare. Kini, luas Taman Safari telah berkembang menjadi 168 hektare dan dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi dan rekreasi serta mengadakan safari malam pada saat akhir pekan dan libur panjang.

Daya Tarik

Di Taman Safari Bogor Anda tidak hanya akan menikmati keindahan alam dan melihat beragam binatang saja tetapi Anda juga bisa berinteraksi langsung saat hewan-hewan tersebut berkeliaran bebas di alamnya. Anda dapat pula melakukan perjalanan di kawasan konservasi dengan menelusuri habitat liar menakjubkan dengan menggunakan mobil pribadi atau bus yang tersedia. Anda bisa mengunjungi Taman Safari dalam waktu yang berbeda, baik siang hari ataupun malam hari. Masing-masing menawarkan pengalaman yang berbeda dan layak untuk dicoba.

Tidak hanya itu, Taman Safari Indonesia dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi seperti bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, kolam renang dengan seluncur ombak, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, taman burung, baby zoo, kincir raksasa, gajah tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, bom bom car, rumah setan, atraksi hewan, kesenian tradisional dan sulap di panggung terbuka.

Transportasi

Ada banyak petunjuk di sepanjang jalan menuju Taman Safari mulai dari pintu keluar tol yang dapat memudahkan Anda menuju lokasi ini. Cisarua berada sebelum Anda sampai di Puncak Pass dari Gunung Pangrango. Dari arah tol menuju puncak, Anda akan menemukan petunjuk pintu masuk Taman Safari yang ada di sebelah kanan.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum dengan rute sebagai berikut; dari stasiun Bogor lanjutkan dengan angkot 03 ke arah Baranangsiang dan melanjutkan dengan angkot 01 ke arah Ciawi, turun di Tajur. Dari Tajur, lanjut menaiki angkot berwarna Biru ke arah Cisarua, berhenti di persimpangan Taman Safari.

Akomodasi

Taman Safari sendiri terletak di Puncak, dimana di sini berjajar berbagai macam penginapan dari yang sederhana hingga bungalow dan vila.

Caravan Camping Ground, di Taman Safari memberi Anda nuansa yang sedikit berbeda. Di sini Anda benar-benar bisa merasakan tidur di mobil caravan yang ruangnya relatif lebih kecil dibanding kamar hotel pada namun tetap nyaman. Tersedia dua kamar yang bisa ditempati. Kamar utama dilengkapi penerangan yang redup dan menenangkan dengan tempat tidur berukuran king size. Tersedia pendingin ruangan dan dinding kamarnya terbuat dari kayu sehingga lebih terasa dekat dengan alam. Sementara kamar kedua terletak persis di depan pintu masuk caravan. Kamar ini berisi living room dilengkapi televisi, water heater dan kulkas, tempat tidur double decker atau bertingkat dua serta kamar mandi yang difasilitasi air panas.

Kuliner

Di dalam Taman ada beberapa warung yang menjual makanan. Ada dua restoran yang menyediakan masakan barat dan timur. Taman Safari juga menyediakan beberapa tempat di mana Anda dapat melakukan piknik keluarga.

Tips

Jika anda memiliki mobil pribadi dan masih cukup untuk menampung semua keluaga yang ikut serta dalam rombongan, sebaiknya anda membawa sendiri kendaraan pribadi anda tersebut demi kelancaran perjalanan anda. Karena dengan kendaraan pribadi anda tentu lebih leluasa mengontrol setiap orang yang ada di dalamnya dan mengetahui dengan pasti kondisi keamanan pada kendaraan anda.

Jika sedang melintas, tiba-tiba di tengah jalan ada hewan arau rombongan hewan yang menghalangi laju kendaraan anda, anda pun tak perlu membunyikan klakson mobilagar tak membuat kaget hewan-hewan tersebut. Jika hal itu terjadi, yang harus anda lakukan adalah behenti sejenak dan menunggu saat-hewan-hewan tersebut berlalu dari hadapan mobil anda, baru kemudian anda berjalan lagi.

Sebelum memasuki kawasan wisata, pahami terlebih dahulu aturan-aturan yang ada, terutama pada bagian yang “dilarang”, seperti misalnya dilarang memberi makanpada hewan, dilarang mengeluarkan anggota badan ketika berada di hutan cagar alam, dan lain sebagainya.

Komentar
Liputan khusus Pesona Indonesia destinasi digital
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Ini Tips berburu tiket mural di Travel fair
15 Apr 2018 | 08:29:22
Meski ada banyak pameran wisata yang diselenggarakan, namun masih banyak traveler yang gagal untuk mendapatkan tiket murah di helatan itu.
Mau naik kapal pesiar, Ini tipsnya 10 Mar 2018 | 08:03:22
Back to top
Must Read
Wisata Cirebon, Upacara Panjang Jimat, Kuliner Cirebon
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved