Terpilih lagi, Gus Ipul kembangkan wisata pasar

Ditulis 12 Mar 2018 | 08:19:22
Terpilih lagi, Gus Ipul kembangkan wisata pasar
Monumen Surabaya (dok)

Surabaya (IndiTOURIST) - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyiapkan pengembangan pasar-pasar yang berada di wilayahnya sebagai salah satu potensi pariwisata yang layak dikunjungi.

"Ide itu bisa diaplikasikan dan masuk melalui program program Seribu Desa Wisata (Seribu Dewi), dalam hal ini adalah pengembangan pasar," ujarnya di sela mengunjungi Pasar Pule, Bakalanpule di Kabupaten Lamongan, minggu lalu.

Dalam siaran pers yang diterima, ia berharap melalui terobosan pengembangan pasar menjadi destinasi wisata maka terjadi peningkatan pengunjung pasar, sekalis meningkatkan sektor pertumbuhan wisata setempat.

Wagub Jatim dua periode yang saat ini sedang cuti itu menyampaikan, berdasarkan survei terdapat tiga sektor wisata yang paling diminati wisatawan, yakni wisata budaya, wisata alam dan wisata buatan.

Menurut dia, pengembangan pasar termasuk dalam potensi wisata buatan sehingga bisa dimanfaatkan serta membantu masyarakat menumbuhkan perekonomian di wilayahnya.

"Pariwisata buatan bisa dikombinasikan dengan sektor lain, seperti Pasar Pule ini yang tak sekadar menyiapkan lapak pedagang. Di dalam pasar ini juga terdapat beberapa spot menarik untuk penyuka burung berkicau, di belakang juga ada danau sehingga tepat untuk lokasi wisata," ucapnya.

Ide ini, kata dia, didasari oleh program percepatan pembangunan pemerintah pusat, yakni melalui program Nawacita sehingga program di provinsi mayoritas untuk meningkatkan perekonomian rakyat dan linier dengan program Presiden RI Joko Widodo.

"Nawacita merupakan program mengembangkan daerah dengan dimulai dari pinggiran. Karena itulah, Seribu Dewi kami siapkan untuk membangun mulai pinggiran," kata mantan ketua umum GP Ansor tersebut.

Sementara itu, sektor pariwisata di Jatim memiliki potensi sangat tinggi dalam berkontribusi membangun daerah, yakni pada tahun lalu kontribusi terhadap pemasukan di Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai lebih dari Rp100 triliun, termasuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Pilkada Jatim yang 27 Juni 2018 digelar untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah-Emil di nomor urut satu, dan Gus Ipul-Puti di nomor urut dua.

Pasangan nomor satu merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor dua adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved