Pantai Bengkulu

Tikus, Pulau Mini Di Birunya Laut Bengkulu

Ditulis 06 Feb 2015 | 09:05:12
Tikus, Pulau Mini Di Birunya Laut Bengkulu
Tampak Dari Kejauhan (foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Pulau Tikus boleh dibilang menjadi mahkota dalam wisata bahari Bengkulu. Pulau kecil ini berada di sebelah barat dari kota Bengkulu dan dari pantai-pantai di Kota Bengkulu dapat terlihat.  Pulau Tikus dahulu merupakan tempat kapal-kapal untuk berlabuh dan berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudra Indonesia. Sebuah mercusuar masih berdiri tegak di pulau ini.

Diberi nama Pulau Tikus karena luasnya yang tidak besar hanya berukuran sekitar 0,8 ha, bukan karena pulau ini diisi tikus. Garis pantainya yang berpasir putih ini menjadi lokasi bertelur penyu sisik dan penyu hijau. Di kawasan ini juga terdapat ekosistem karang dan biota laut. Terumbu karang yang sangat luas di sekitar pulau ini mampu melindungi pulau dari abrasi.

Daya Tarik

Anda bisa melakukan berenang atau snorkeling diantara terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik. Setelah lelah berenang Anda bisa rileks memancing ikan lalu menyantapnya ditempat. Keindahan Pulau Tikus juga membuat Anda ingin berjemur dan berleha-leha diatas pasir putih menatap birunya samudera Indonesia

Pulau Tikus juga menjadi tempat bertelur penyu sisik dan penyu hijau. Jika beruntung Anda bisa menyaksikan aktivitas hewan langka ini. Ada juga beberapa jenis burung yang dapat dilihat di kawasan tersebut yaitu burung bangau hitam , burung dara laut , burung kwak maling dan burung pecuk padi . Sedangkan flora yang dominan tumbuh yaitu nyampiung , waru, ketapang , kelapa  dan lain-lain.

Transportasi

Pulau Tikus berada sekitar 10 km di sebelah barat Bengkulu. Pulau Tikus dapat ditempuh dengan menyewa speedboat atau menumpang perahu nelayan dari Pantai Zakat, Pantai Tapak Paderi ataupun dari pelabuhan pulau baai.

Dibutuhkan waktu kurang-lebih 1 jam untuk sampai ke pulau ini dengan menyewa kapal nelayan dari Pantai Tapak Padri, Bengkulu. Apabila menggunakan speed boat dari Pelabuhan Pulau Baai, maka dibutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Akomodasi

Pulau Tikus tidak memiliki tempat untuk menginap. Kami sarankan untuk mencari hotel di Bengkulu.

Tips

Saat mengunjungi Pulau Tikus, jangan sampai mengotori keindahan pulau dengan membuang sampah sembarangan.

Saat melihat penyu bertelur Anda jangan sampai mengganggu hewan-hewan pemalu ini.

 

 

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved