Tingkat Hunian Hotel di NTB Turun 20 Persen

Ditulis 12 Nov 2015 | 09:01:22
Tingkat Hunian Hotel di NTB Turun 20 Persen
Senggigi Beach Hotel (foto : dok)

Mataram (IndiTOURITS) – Sektor pariwisata Nusa Tenggara Barat diperkirakan mengalami kerugian puluhan miliar rupiah akibat erupsi Gunung Barujati.  Salah satunya tingkat hunian hotel yang merosot tajam hingga 20 persen.  Hal ini dikatakan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat  I Gusti Lanang Patra.

"Kami belum menghitung angka pastinya berapa, tetapi kita taksir jumlahnya mencapai puluhan miliar rupiah, karena tidak beroperasinya Bandara Internasional Lombok (BIL)," katanya.

Patra menuturkan, selama penutupan BIL, jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke daerah itu menjadi menurun, begitu juga dengan tingkat hunian hotel yang juga mengalami penurunan 20 persen.  "Akibat penutupan itu okupansi hunian hotel menurun, karena tidak ada lagi wisatawan yang datang," ujarnya.

Selain kerugian dari sisi kunjungan wisatawan, pariwisata NTB selama ini juga hidup dari kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), namun akibat erupsi Gunung Barujari yang kemudian berimbas pada penutupan BIL, ratusan kegiatan baik nasional maupun internasional harus ditunda dan dibatalkan pelaksanaannya.  "Dari MICE saja cukup besar kerugiannya, belum ditambah dengan aktivitas lain," tambahnya.

Menurutnya, akibat tidak beroperasinya BIL sebagai dampak dari abu vulkanis erupsi Gunung Barujari, pihaknya memperkirakan target kunjungan dua juta wisatawan yang dietapkan Pemerintah Provinsi NTB di tahun 2015 ini tidak akan tercapai.

"Ada kemungkinan target kunjungan itu akan terganggu dengan adanya letusan ini, karena kalau kita membandingkan dengan bulan November pada 2014 angka kunjungan kita sudah 70 persen," katanya. (ak/ant)

Komentar
smartfren 50 GB
Photo
Belitung
30 Jan 2017 | ::
Keindahan Belitung membuat siapa saja yang mengunjunginya bakal berfikir untuk kembali. Mengarungi perahu motor menuju pulau Lengkuas, jadi ...
telkomsigma
Tips
Waspada dan Jaga Keluarga Saat Liburan Lebaran
28 Jun 2017 | 07:21:33
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol mengimbau masyarakat yang mengunjungi area rekreasi itu untuk saling menjaga anggota keluarganya agar tidak ...
Wisata Buat Manula 05 Aug 2016 | 01:19:01
Back to top
Must Read
Bandara Lombok, Wisatawan NTB, Wisata Lombok
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved