Tingkatkan Pendapatan, Citilink Restrukturisasi Rute

Ditulis 06 May 2017 | 07:10:57
Tingkatkan Pendapatan, Citilink Restrukturisasi Rute
Armada Citilink (dok)

Jakarta (IndiTOURIST) - Maskapai berbiaya murah Citilink Indonesia akan merestrukturisasi rute-rute yang dinilai kurang menguntungkan untuk menggejot pendapatan perusahaan.

"Garuda sudah menyampaikan laporan kinerjanya, semua anak perusahaan diminta berkontribusi positif, karena itu kita akan merestrukturisasi rute-rute mana yang perlu kita adjust (sesuaikan)," kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo usai peluncuran rute Jakarta-Dili di Jakarta.

Juliandra menjelaskan restrukturisasi rute tersebut berupa pengurangan frekuensi rute-rute sepi atau penyesuaian jadwal penerbangan.

"Kita akan retiming schedule (atur ulang jadwal), selain itu juga ada frekuensi yang kita kurang-kurangi dan mencoba menggali passanger expereience (pengalaman penumpang) dalam setiap rute," katanya.

Dia mencontohkan salah satu rute yang akan dikurangi frekuensinya, yaitu rute Bandung-Batam.

Juliandra menambahkan restrukturisasi juga tersebar di seluruh Indonesia, tidak terpatok di bagian Barat atau Timur.

"Banyak sekali enggak menjamin bagian Barat juga lebih profuktif, contohnya Bandung-Batam akan kita kurangi frekuensinya," katanya.

Selain itu, lanjut dia, sesuai dengan hasil kinerja keuangan, pihaknya akan bersinergi dengan Garuda Indonesia untuk memperbaiki rute-rute yang sepi tersebut.

"Kita akan melakukan istilahnya transfer slot yang dahulunya diterbangi Garuda namun masih negatif, coba diterbangi Citilink mungkin bisa jadi positif," katanya.

Tahun ini, Citilink juga akan mendatangkan enam pesawat berbadan sedang, yakni lima Airbus A320-Neo dan satu Airbus A320-CEO.

Sebelumnya, Induk Perusahaan Citilink, yaitu Garuda Indonesia akan lebih mengandalkan anak perusahaan untuk memperbaiki kinerja perusahaan, salah satunya Citilink dan Garuda Maintenance Facilities (GMF) AeroAsia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury mengatakan pihaknya akan melakukan lima langkah strategis, yaitu optimalisasi biaya penerbangan, optimalisasi rute, mendayagunakan anak perusahaan, memangkas biaya secara signifikan dan mensinergikan sistem manajemen pendapatan. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Waspada dan Jaga Keluarga Saat Liburan Lebaran
28 Jun 2017 | 07:21:33
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol mengimbau masyarakat yang mengunjungi area rekreasi itu untuk saling menjaga anggota keluarganya agar tidak ...
Wisata Buat Manula 05 Aug 2016 | 01:19:01
Back to top
Must Read
bandara radin inten II, wisata lampung, pantai kiluan, way kambas
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved