Tips Wisata Bersama Anak

Tips Wisata Bersama Anak

Ditulis 17 Dec 2014 | 23:52:24
Tips Wisata Bersama Anak

Travel bersama keluarga dengan membawa anak merupakan momen yang sangat berharga. Agar perjalanan benar-benar menyenangkan maka persiapan yang baik harus benar-benar dibuat. Berikut adalah tips-tips untuk persiapan travel dengan anak-anak.

1 Anak=1Dewasa

Bila membawa anak usia 1 sampai dengan 5 tahun, sebaiknya 1 anak harus didampingi oleh 1 orang dewasa. Bila 1 orang dewasa menjaga lebih dari 2 anak perjalanan dapat menjadi menyebalkan.

Pilih Transportasi Paling Nyaman

Sebaiknya bila membawa anak kecil lama perjalanan tidak lebih dari 10 jam. Kendaraan darat yang direkomendasikan adalah kendaraan pribadi atau kereta dengan AC. Walaupun tidak ekonomis, usahakan di kereta atau di mobil 1 anak 1 tempat duduk agar anak bisa leluasa bergerak dan tidak bosan. Pada waktu pesan tiket kereta api minta kursi ditengah berjejer atau saling berhadapan, sedapat mungkin hindari kursi di ujung dekat kamar mandi. Bila tidak nyaman anak akan terganggu dan menangis yang akan sangat mengganggu perjalanan.

Pilih-pilih Akomodasi yang Mengakomodir Anak Anda

Bila akan menginap di hotel/motel, pastikan kita sudah memesan kamar sebelum berangkat. Sebaiknya kita sudah mengetahui kondisi hotel, fasilitas & servis hotel dan lingkungannya. Hal-hal tersebut dapat ditanyakan ke teman atau kerabat, ke petugas hotel via telepon waktu memesan, atau surfing di internet. Ada baiknya kita memberitahu pihak hotel kalau kita akan membawa anak-anak, hotel/motel yang servis nya bagus akan mengantisipasi hal tersebut.

Persiapkan Baju Anak Dengan Sesama

Baju anak sebaiknya yang nyaman dipakai, dan tidak mudah kotor. Biasanya jeans dan kaos cocok untuk travel. Hitung jumlah baju yang harus dipakai (mis. 1 hari 2 pasang). Bawa juga tambahan baju untuk cadangan seperti ini : anak usia 1-3 tahun: 6-12 pasang, 3-5 tahun: 4-6 pasang, > 5 tahun: 2-3 pasang. Jangan lupa membawa baju tidur (piyama), jaket, kaus kaki. Selama travel sebaiknya anak usia 1-3 tahun menggunakan pampers.

Bawa ketel listrik dan termos kecil

Hal ini sangat bermanfaat untuk membuat susu dan minuman hangat bagi anak. Kabel sambungan dengan kombinasi colokan listrik juga berguna.

Bawa obat-obatan pribadi untuk anak dan orang dewasa

 Obat anak biasanya terdiri dari: obat penurun panas/penghilang sakit kepala , obat batuk, obat diare, bedak gatel, minyak kayu putih, minyak telon, minyak tawon, dan obat pribadi lainnya. Kalau perginya diatas 3 hari ada baiknya sebelum pergi kunjungi dokter anak langganan, informasikan rencana kita dan minta resep obat-obat untuk bepergian.

Komentar
smartfren 50 GB
Photo
Belitung
30 Jan 2017 | ::
Keindahan Belitung membuat siapa saja yang mengunjunginya bakal berfikir untuk kembali. Mengarungi perahu motor menuju pulau Lengkuas, jadi ...
telkomsigma
Tips
Sekarang Ada Bus dari Mall dan Hotel ke Bandara
01 Jun 2017 | 07:56:14
Kementerian Perhubungan saat ini menghadirkan bus Jabodetabek Airport (JA) Connexion yang menghubungkan dari hotel, mal atau pusat perbelanjaan ke ...
Wisata Buat Manula 05 Aug 2016 | 01:19:01
Tips Wisata Bersama Anak 17 Dec 2014 | 23:52:24
Back to top
Must Read
wisman arab saudi, turis arab saudi, pesona indonesia, promosi wisata di arab saudi
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved