Sekolah Gajah Way Kambas

Way Kambas, Sekolah Binaan Gajah Menjadi Lebih Pintar

Ditulis 09 Jan 2015 | 17:21:37
Way Kambas, Sekolah Binaan Gajah Menjadi Lebih Pintar
Pawang Gajah, Unsur Penting Pembinaan Gajah Menjadi Pintar
Latar Belakang dan Sejarah

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah sumatera di Provinsi Lampung. Taman Nasional tertua di Indonesia ini terletak 110 km dari Bandar Lampung, menempati 1.300 km persegi dari hutan dataran rendah pantai sekitar Sungai Way Kambas di pantai timur Provinsi Lampung.

Way Kambas didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1937, pada tahun 1985 pemerintah Indonesia menetapkan Taman Nasional ini sebagai sekolah gajah pertama di Indonesia dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG).  Namun sejak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) dengan harapan menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi. Ada sekitar 200 gajah sumatera hidup di dalam Taman Nasional.

Selain gajah sumatera, Di Taman Nasional Way Kambas ini terdapat hewan yang hampir punah diantaranya Badak sumatera, Gajah Sumatera, Harimau sumatera, Mentok Rimba, dan Buaya sepit.

Daya Tarik

Salah satu yang wajib Anda sambangi di Way Kambas adalah pusat konservasi gajah Karangsari. Di sini gajah-gajah akan dijinakan dan dilatih. Selain bisa melihat beraneka macam atraksi gajah yang sangat menghibur, Anda juga bisa menunggangi gajah berkeliling taman nasional.

Anda bisa menyusuri hutan dan menikmati suasana dalam hutan yang damai. Di sini sudah disediakan track kayu yang bisa dengan mudah Anda lalui. Atau bisa juga menyusuri Sungai menggunakan kapal motor yang sudah disediakan oleh pengelola.

Transportasi

Jika Anda menggunakan transportasi umum,  dari Bandar Lampung Anda dapat naik bus menuju ke arah Metro dan kemudian naik bus yang akan menuju Rajabasa Lama. Dari Rajabasa Lama Anda mau tidak mau harus menggunakan ojek motor sampai pintu masuk Way Kambas

Jika Anda menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan dari Bandar Lampung maka bisa mengambil rute Kota Bumi utara dan ikuti saja rute marka gambar gajah.

Akomodasi

Tidak jauh dari pintu masuk terdapat Satwa Gajah Eco Lodge yang menawarkan empat cottage dan dapat menampung sampai empat orang. Semua cottage, fasilitas dan juga kantor didukung dengan listrik bertenaga surya.

Nah, 30 km dari pintu masuk Way Kanan, Anda dapat menemukan beberapa jenis penginapan sederhana yang disewakan dengan harga antara 100-200 Ribu Rupiah.

Way Kanan Resort merupakan satu-satunya resort yang adanya di dalam kawasan Taman Nasional Way Kambas, dengan tarif kamar Rp 200 ribu tiap kamar.

Tips

Izin untuk masuk ke TNWK dapat diperoleh di pintu gerbang. Selain datang langsung juga dapat diperoleh dari Kantor Pusat konservasi di Bandar Lampung.

Bus terakhir yang akan berangkat dari Rajabasa Lama adalah sekitar pukul 3 sore dan akan jauh lebih baik jika Anda sudah tiba sebelum senja, karena tukang ojek tidak akan bersedia untuk mengantarkan Anda setelah lewat senja.

Inilah Way Kambas dalam Foto  (* Diambil dari berbagai sumber ):

http://www.indowisata.co/photo/way-kambas-sekolah-binaan-gajah-menjadi-lebih-pintar.html

 

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved