Wisata di Bromo ditutup sementara

Ditulis 24 Mar 2020 | 07:20:35
Wisata di Bromo ditutup sementara
Destinasi Wisata Bromo (dok)

Malang, Jawa Timur (IndiTOURIST) - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) memutuskan penutupan sementara kawasan Gunung Bromo, termasuk Gunung Semeru di Jawa Timur, sebagai  antisipasi penyebaran virus Corona atau penyakit COVID-19.

Kepala Balai Besar TNBTS John Kennedie mengatakan penutupan sementara kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bagi para wisatawan tersebut dilakukan pada periode 19-31 Maret 2020.

"Kebijakan penutupan sementara itu, merupakan upaya Balai Besar TNBTS  mencegah penyebaran COVID-19 lebih luas kepada masyarakat, petugas, dan pengunjung wisata," kata John.

John menambahkan, penutupan sementara salah satu destinasi unggulan di wilayah Jawa Timur tersebut akan dievaluasi secara berkala, dengan memperhatikan kebijakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta pemerintah daerah.

Penutupan secara sementara tersebut dilakukan berdasar Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Surat Edaran Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, serta Surat Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

John menegaskan, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak panik, namun selalu waspada untuk mengantisipasi penyebaran virus yang sudah menjangkiti 153 negara tersebut.

"Masyarakat, kami minta tetap tenang, dan tidak panik, serta selalu waspada," ujarnya.

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi unggulan di wilayah Jawa Timur dan juga nasional. Tercatat, pada 2019, jumlah kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mencapai 690.831 orang.

Dari jumlah total tersebut, sebanyak 669.422 orang merupakan wisatawan dalam negeri, sementara 21.409 lainnya merupakan wisatawan mancanegara. Total penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari kunjungan wisatawan pada 2019 mencapai Rp22,86 miliar. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Kantor Telkom
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved