Wisata di Kota “Hujan” Bogor

Ditulis 08 Mar 2015 | 11:20:10
Wisata di Kota “Hujan” Bogor
Latar Balakang dan Sejarah

Terletak 60 KM dari Jakarta, Bogor adalah kota dengan sejarah yang cukup panjang dan potensi wisata yang tinggi. Kota ini terkenal dengan sebutan Kota Hujan karena curah hujannya yang sangat tinggi. Bogor merupakan kota terbesar ke-6 dari wilayah Jabodetabek dan ke-14 secara nasional, dengan populasi mencapai 1 juta jiwa.

Sejarah Bogor dapat ditelusuri sampai abad ke-5 Masehi. Saat itu Bogor merupakan wilayah dari kerajaan Tarumanegara. Pada tahun 699 M wilayah antara sungai Ciliwung dan Cisadane dinamakan Pakuan-Pajajaran merupakan pusat dari kerajaan Sunda. Penetapan daerah antara kedua sungai itu menjadi pondasi bagi kota Bogor Modern. Tanggal penobatan Prabu Siliwangi, tanggal 3 Juni 1482 ditetapkan sebagai hari jadi Bogor.

Selama beberapa abad berikutnya, Pakuan Pajajaran menjadi salah satu kota terbesar di abad pertengahan Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai 48,000 jiwa. Nama Pajajaran kemudian digunakan untuk seluruh kerajaan, dan pusat kerajaan disebut Pakuan. Pada 1579, Pakuan ditaklukan oleh tentara Kesultanan Banten meruntuhkan kerajaan Sunda. Kota ini ditinggalkan dan menjadi tak berpenghuni selama beberapa dekade.

Pada masa pemerintahan Kolonial Belanda daerah ini dinamakan Buitenzorg yang berarti ‘Aman Tenteram’. Buitenzorg menjadi pusat pertanian dan tempat peristirahatan bagi Gubernur Jenderal dan petinggi VOC.

Daya Tarik

Kebun Raya Bogor merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi saat berada di Bogor. Ia merupakan kebun botani dengan memiliki luas 85 hektar. Di dalam taman ini anda akan disuguhi pemandangan sekitar 15.000 spesies tanaman yang asri. Kebun Raya juga merupakan tempat yang cocok untuk piknik bersama keluarga. Di dekat pintu masuk kebun terdapat Museum Zoologi yang memiliki koleksi sekitar 300.000 spesies hewan darat dan laut dari seluruh Indonesia.

Ingin mengajak anak Anda bermain air? The Jungle Waterpark di perumahan Bogor Nirwana Residence menyediakan berbagai permainan air terlengkap di Indonesia. Disini Anda beserta keluarga bisa menikmati Kiddie Pool, Slide Pool, Racer Slide, dan masih banyak lagi. Ada pula bioskop 4D, dan rumah hantu.

Daerah puncak merupakan destinasi favorit bagi warga Jakarta. Udaranya yang sejuk lagi segar. Di daerah ini Anda juga bisa mengunjungi Taman Safari Bogor. Di sini Anda berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari.

Bogor juga terkenal dengan wisata kulinernya. Sangat mudah untuk menemukan beragam makanan enak di kota ini. Anda tinggal menyusuri jalan Padjajaran atau Suryakencana untuk menemukan berbagai kuliner sedap.

Selain itu ada beberapa museum di Bogor seperti Museum Perjuangan Bogor, Museum Tanah, Museum Herbarium dan Museum PETA.

Transportasi

Dari Jakarta, Anda bisa menggunakan mobil pribadi dari Jakarta melalui tol Jagorawi. Anda juga bisa menggunakan Bis dari terminal Lebak Bulus dan Kampung Rambutan, dengan Agra Mas atau Bus Pusaka menuju Terminal Baranang Siang Bogor.

Selain itu juga Jika Anda dari luar Jabodetabek, ada bus dari berbagai kota besar dengan tujuan langsung ke Bogor. Pilihan lainnya adalah menggunakan kereta ke Gambir atau Pasar Senen, Jakarta, lalu lanjutkan dengan KRL Commuter Line ke Bogor.

Akomodasi

Untuk hotel berbintang Anda bisa memesan kamar di hotel Salak, salah satu hotel tertua di Bogor yang bersebrangan dengan istana Bogor dan bersebelahan dengan balai kota. Selain Hotel Salak, salah satu favorit wisatawan adalah Novotel yang berada di daerah Bogor Lakeside.

Seiring dengan meninmgkatnya jumlah pengunjung ke kota Bogor, kini mulai bermunculan hotel baru di pusat kota. Jadi jangan khawatir untuk mencari hotel atau wisma di Bogor.

Kuliner

Salah satu kuliner Bogor yang paling populer adalah Asinan khas nya. Asinan Bogor ini disajikan dengan kuah asam, lalu disantap dengan kerupuk kuning dan kacang goreng.

Selain Asinan ada pula toge goreng yang unik dan nikmat. Meski namanya Toge Goreng, namun teknik memasaknya tidak dengan menggoreng, melainkan direbus dengan air serta disantap dengan ketupat, bumbu tauco dan mie kuning.

Untuk guide kuliner Bogor yang lengkap, Anda bisa membaca rubrik kuliner Indowisata.co

Tips

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi kemacetan saat weekend. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan ke Kota Hujan, saat akhir pekan atau liburan, Bogor sangat penuh sesak.

Selalu sedia payung dan jas hujan, Bogor dijuluki Kota Hujan bukan tanpa sebab.

 

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved